Skip to main content

Tanda-tanda WhatsApp Anda Disadap Orang Lain

Tanda-tanda WhatsApp Anda Disadap Orang Lain

Urangkampoeng - Bagaimana Anda tahu WhatsApp anda telah disadap atau tidak oleh seseorang? sebuah pertanyaan yang banyak dipertanyakan terutama oleh mereka yang memiliki jaringan luas. Hal ini dikarenakan WhatsApp sering digunakan sebagai media untuk bertukar pesan baik sesama anggota keluarga, rekan kerja atau rekan bisnis.

Tentu saja kalau melihat dari beberapa kejadian ada tanda-tanda yang bisa dilihat saat akun WhatsApp Anda diretas atau digunakan orang lain yang tidak bertanggung jawab. Adapun beberapa tanda yang sering terjadi ketika WhatsApp Anda diretas oleh orang lain, diantaranya bisa dilihat seperti berikut:

1. Periksalah Informasi Kontak

Cara pertama untuk melihat apakah WhatsApp kita aman atau tidak yaitu dengan, membuka opsi Pengaturan di WhatsApp, lalu ketuk Profil di bagian atas daftar. Perhatikan sejenak dan verifikasi informasi akun Anda, apakah sudah akurat dan terbaru sesuai dengan yang terakhir Anda instal ataukah ada perubahan?

Jika ditemukan ada perubahan, maka Anda harus waspada, ada kemungkinan akun ada telah diretas oleh seseorang. Maka dari itu kita sebagai pengguna aplikasi ini harus terus waspada agar informasi kita tidak disalahgunakan pihak lain.

2. Perhatikan Pesan pada WhatsApp Anda

Hal kedua yaitu memeriksa pesan masuk pada aplikasi, apakah ditemukan pesan yang mencurigakan dimana anda sama sekali tidak pernah mengirimnya? Ataukah Anda sudah menemukan pesan aneh semisal berisi kode WhatsApp? 

Untuk itu Coba cek tombol pencarian dengan mengetik "WhatsApp" untuk melacaknya dengan lebih mudah. Jika Anda menemukan pesan tersebut, maka berhati-hatilah karena ini ada kemungkinan WhatsApp Anda telah disadap dan digunakan oleh orang lain.

3. Teman Baru - Tidak Dikenal Oleh Anda

Cara ketiga yaitu coba cek kontak anda satu per satu dan cari, apakah ada nomor yang tidak dikenal yang tiba-tiba menjadi teman Anda. Anda pasti akan menemukan jejak pesan atau jejak telepon di riwayat WhatsApp Anda yang tidak Anda ketahui.

Atau banyak nomer baru yang belum ada namanya, maka ketahuilah agar anda terus berhati-hati dalam masalah seperti ini. Karena dampaknya akan sangat merugikan diri anda, jika digunakan untuk hal yang tidak baik oleh pelaku peretasan.

4. Cobalah cek dari WhatsApp Web?

Dengan semakin majunya teknologi, kini WhatsApp bisa digunakan dikomputer atau leptop yang berbasis windows. Oleh sebab itu, perlu untuk memantau WhatsApp Web dengan membuka tiga titik di sudut kanan, tampilan Windows lalu pilih "WhatsApp Web". 

Anda akan melihat di mana akun WA Anda terhubung dengan perangkat seluler. Jika Anda menemukan perangkat yang tidak dikenal terhubung ke WhatsApp Anda, itu berarti perangkat tersebut telah disadap. Maka caranya yaitu hapus segera perangkat yang tidak dikenal jika Anda menemukan suatu kejanggalan.

Salah satu langkah untuk mengamankan akun WA agar tidak dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak berkepentingan yaitu dengan proses verifikasi dua langkah yang harus dilakukan. Salah satunya dengan memberikan PIN dan kunci sidik jari pada aplikasi sehingga orang lain akan susah masuk ke WA kita untuk meretasnya. 

Dan hal terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu, jangan sembarangan membuka link/klik link yang diberikan oleh orang lain dan jangan sekali membagikan kode OTP jika sudah menerimanya.

Demikian tanda-tanda WhatsApp Anda Disadap Orang lain dan bagaimana antisipasi dini agar kejadian penyadapan terhadap aplikasi anda bisa diminimalkan. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar