hu Skip to main content

Tema KKN PPM UAD 2010 di Kecamatan Samigaluh Kulonprogo








KKN PPM UAD 2010 - Ini merupakan KKN PPM pertama yang dilaksanakan oleh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, salah satu diantaranya dengan mengambil tema " Upaya Pengembangan Tanaman Biofarmaka (empon-empon dan minyak nilam) di Desa Ngargosari dan Gerbosari Kecamatan Samigaluh Kabupetan Kulonprogo menuju Sentra Produksi obat Tradisional dan Kosmetik Herbal". 

Sedangkan tema lainnya adalah pemanfaatan limbah tahu menjadi nata de soya yang dilaksanakan di Pleret bantul Yogyakarta yang di ikuti oleh 3 kelompok sedangkan di Samigaluh dilakukan oleh 5 kelompok yang terdiri dari 9 orang per kelompok.

Hal ini dilakukan berdasarkan potensi yang ada yang dimiliki oleh Samigaluh. Samigaluh sendiri merupakan sebuah Kecamatan yang berada pada ketinggian sekitar 1700 diatas permukaan laut. 

Dengan daerah pegunungan dan cuaca yang dingin. Iklim, jenis tanah dn tingkat kesuburan sangat mendukung dalam upaya pengembangan tanaman biofarmaka. Tanah samigaluh sendiri berjenis latosol coklat dimana curah hujan yaitu sekitar 3011 mm/tahun.

KKN PPM ini bertujuan diantraanya:dalam meningkatkan bahan baku OT melalui penerapan tehnik budidaya, pemanenan dan pengolahan; mengembangkan formula dan sediaan kkosmetik yang lebih praktis dan higienis;meningkatkan kualitas OT dan kosmetik secara konsisten melalui pengendalian kualitas menggunakan tes rasa dan uji daya sebar untuk sediaan kosmetik.

Sedangkan harapan yang di inginkan dari adanya kegiatan ini antara laian; adanya perbaikan dalam tehnik budidaya, pemanenan dan pengolahan pasca panen pada tanaman biofarmaka empon-empon dan nilam sehingga kualitas bahan meningkat; adanya nilai tambah dari minyak nilam yang dibuuat dalam sediaan kosmetik dan lotion;adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya CPOTB dalam produksi obat tradisional.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar