hu Skip to main content

Cara Cek Versi BIOS Komputer dan Laptop Terbaru


Cara Cek Versi BIOS Komputer dan Laptop 2021 - Komputer Anda tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestisnya jika tidak memiliki sebuah sistem yang dinamakan BIOS. Oleh karena itu, fungsi BIOS tentunya sangat vital berada didalam komputer, walaupun masih sangat jarang kita mendengarnya.

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada komputer Anda, bahkan terkadang BIOS yang ketinggalan jaman bisa menjadi penyebab masalah pada komputer. 

Apa itu BIOS?

BIOS (Basic Input Output System), merupakan sebuah firmware atau driver untuk memuat sistem operasi pada komputer. Jika tidak ada BIOS atau BIOS Anda tidak berfungsi dengan baik, maka kemungkinan sistem operasi yang diinstal tidak akan dapat bekerja sebagaimana mestinya. 

Cara Cek versi BIOS

Cara cek versi Bios yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan CMD (Command Prompt), adapun cara mengakses masuk ke CMD sebagai berikut:
  • Cara buka CMD yaitu dengan menekan tombol windows + R lalu ketik CMD dan tekan Enter.
  • Kemudian ketik perintah "wmic bios get smbiosbiosversion" dan tekan Enter.
  • Kemudian Anda akan melihat versi BIOS Anda.
Cara Cek Versi BIOS Komputer dan Laptop


Sedangkan bagi anda yang sudah menggunakan Windows 8.1  keatas maka Anda bisa melihat versi BIOS komputer melalui informasi sistem dengan tampilan GUI yang lebih user friendly, caranya sebagai berikut:
  • Tekan tombol windows + R.
  • Ketik "msinfo32" kemudian tekan Enter.

Sekarang Anda dapat melakukan pembaruan pada BIOS komputer atau hal-hal lain yang terkait dengannya. Namun ada hal yang perlu diingat, yaitu harus berhati-hati saat akan update pada BIOS karena jika gagal atau ada kesalahan malah akan merusak kinerja komputer Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar