hu Skip to main content

Mengenal Keyword Density, dan Pentingkah Bagi SEO?

Mengenal Keyword Density

Urangkampoeng - Keyword Density, dan Pentingkah Bagi SEO
- Sebelum lebih jauh membahas hal tersebut, mari kita pahami dulu apa itu Keyword Density. Keyword Density dalam kalau diterjemahkan kedalam bahasa indonesia akan mempunyai arti Kepedatan Kata Kunci. 

Apa itu Keyword Density?

Keyword Density atau dengan kata lain Kepadatan kata kunci merupakan indikator seberapa sering kata kunci yang dipilih ditampilkan di situs web. Namun, ingatlah bahwa kata kunci tidak boleh digunakan secara berlebihan, cukup untuk muncul di tempat-tempat utama saja.

Jika Anda mengulangi kata kunci Anda dengan setiap kata di setiap baris, situs web Anda kemungkinan besar akan ditolak sebagai situs web palsu atau situs web spam. Kepadatan kata kunci selalu dinyatakan sebagai persentase dari total konten kata pada halaman web tertentu.

Cara menghitung Keyword Density/Kepadatan Kata Kunci

Sebagai gambaran saja misalkan dalam sebuah artikel Anda memiliki 100 kata di halaman web Anda (tidak termasuk kode HMTL yang digunakan untuk menulis halaman web) dan Anda menggunakan kata kunci tertentu lima kali dalam satu konten. Kepadatan kata kunci di halaman ini ditentukan hanya dengan membagi jumlah total kata kunci dengan jumlah total kata di halaman web Anda. 

Jadi di sini adalah 5 dibagi 100 = 0,05. Karena kepadatan kata kunci adalah persentase dari jumlah kata pada halaman, dikalikan dengan nilai di atas dengan (100), yaitu 0,05 x 100 = 5%.

Nah jumlah tersebut merupakan jumlah standar yang diterima untuk kepadatan kata kunci, dimana kata kunci yang baik kepdatannya antara 3% dan 5% untuk dikenali oleh masing-masing mesin pencari dan perlu diingat bahwa Anda tidak boleh melebihi ambang tersebut.

Perlu digarisbawahi bahwa aturan ini berlaku untuk semua halaman di situs Anda. Ini berlaku tidak hanya untuk satu kata kunci, tetapi juga untuk sejumlah kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan lain, dimana kepadatan kata kunci (Keyword Density,) harus selalu antara 3% dan 5%.

Langkah-langkah sederhana untuk memeriksa kepadatan:

  1. Menyalin konten dari satu halaman web dan menempelkannya ke perangkat lunak pengolah kata seperti Word atau Word Perfect.
  2. Buka menu "Edit" dan klik "Pilih Semua". Sekarang pergi ke menu "Tools" dan pilih "Word Count". Catat jumlah total kata di halaman.
  3. Sekarang pilih fungsi "Temukan" dalam menu "Edit". Buka tab "Ganti" dan masukkan kata kunci yang ingin Anda temukan. Gantilah kata ini dengan kata yang sama agar tidak merubah teksnya.
  4. Setelah fungsi penggantian selesai, sistem menghitung kata yang diganti. Ini menunjukkan berapa kali Anda telah menggunakan kata kunci di halaman ini.
  5. Dengan jumlah kata pada halaman dan jumlah kata kunci, Anda sekarang dapat menghitung kepadatan kata kunci.

Nah cara diatas bisa anda praktekan pada situs anda, apakah Keyword Density atau kepadatannya sudah betul ataukah memang terlalu padat kata kuncinya. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar