hu Skip to main content

4 Cara Mengatasi Hotspot HP Android Tidak Bisa Dinyalakan

4 Cara Mengatasi Hotspot HP Android Tidak Bisa Dinyalakan

Dengan pesatnya perkembangan teknologi seluler saat ini, banyak pengguna yang menggunakan ponsel Android mereka sebagai hotspot. Hotspot tidak bisa dinyalakan di Android bisa terjadi karena beberapa penyebab.

Nah, masalahnya tidak sedikit pengguna HP Android yang mengeluh kesulitan menyalakan hotspot di ponselnya, di satu waktu bisa aktif seperti biasa, tapi di lain waktu tidak bisa aktif sama sekali.

Dan jika kamu mengalami hal ini, kamu perlu tahu cara mengatasinya. Terlepas dari fleksibilitasnya, hotspot Android terkadang dapat memberikan akses internet ultra cepat dan bersaing dengan pengguna internet kabel, terutama bagi pengguna perkotaan dengan jaringan 4G yang stabil.

Seperti yang jita tahu bahwa Hotspot merupakan salah satu fitur di ponsel yang cukup berguna. Karena fitur ini akan cukup membantu pengguna dalam membagikan jaringan.


Dimana Hotspot berguna untuk membagikan koneksi jaringan seluler dari smartphone satu ke smartphone lain. Nantinya smartphone yang mengaktifkan hotspot akan menjadi sebuah sinyal Wi-Fi.

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Dinyalakan

1. Pastikan Koneksi Internet Tersedia

Koneksi internet sangat mempengaruhi fitur hotspot pada ponsal Anda, karena jika koneksi internet tidak tersedia maka hotspot tidak bisa dinyalakan.

Jadi harus dicek dulu apakah koneksi internet tersedia atau tidak. Anda dapat menemukan situs yang mencapai sinyal yang sangat baik jika koneksi internet tidak tersedia di tempat Anda berada.

2. Restart Perangkat

Cara kedua yang bisa kamu coba saat hotspot tidak bisa menyala adalah dengan restart perangkat. Ada kemungkinan perangkat Anda memiliki bug, sehingga diperlukan restart perangkat agar beberapa fitur tidak dapat digunakan.

Ibarat hotspot yang tidak bisa dihidupkan, Anda hanya perlu melakukan reboot dan menunggu proses restart selesai. Kemudian cek kembali apakah hotspot sudah bisa dinyalakan atau tidak, jika tidak ada kemungkinan dari masalah lainnya.

3. Cek Pengaturan Hotspot

Cara ketiga selanjutnya yaitu jangan lupa untuk memeriksa pengaturan hotspot apakah normal atau tidak. Ada kemungkinan hotspot tidak dapat dihidupkan karena Anda salah mengkonfigurasi hotspot. 

Cek Setting Hotspot;
- Anda bisa masuk ke Settings 
- Buka Network & Internet 
- Selanjutnya klik Hotspot & Tethering
- Langkah terakhir cek SSID, password, dll. Pastikan sudah diset dengan benar agar hotspot bisa beroperasi.

4. Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik

Mungkin full data reset ini sangat beresiko karena semua data akan hilang dan smartphone akan kembali ke pengaturan awal saat pertama kali membeli handphone.

Tapi ini bisa menjadi pilihan terakhir ketika hotspot tidak bisa dinyalakan. Saya menyarankan agar Anda berpikir matang-matang sebelum mengambil langkah ini.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan langkah ini, cobalah untuk mem-backup semua data penting agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Karena jika kita lupa tidak melakukan backup data maka semua data seperti foto, file, musik, video pasti akan hilang kecuali di backup ke penyimpanan external.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar