hu Skip to main content

Ponsel Cepat Panas, Berikut 4 Cara Mengatasinya (UPDATE)

Mengatasi Ponsel Cepat Panas

Sekarang ini aktivitas yang kita lakukan sehari-hari tidak lepas dari penggunaan Ponsel. Tidak heran jika ponsel Android Anda cepat panas karena sering digunakan, dan tidak ada jeda istirahat. Bahkan panasnya ponsel tersebut tidak seperti panas biasanya.

Ponsel yang cepat panas bisa berakibat buruk dikemudian hari, apabila dipaksakan untuk terus digunakan beraktivitas. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk menjaga pemakaian ponsel agar tidak cepat panas dengan sedikit melakukan beberapa hal.

Pada dasarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan ponsel cepat panas, selain karena pemakaian terus-menerus, ada juga alasan lain yang bisa menyebabkannya cepat panas.

Ada kemungkinan salah satu bagian dari hardware yang telah rusak, atau adanya software yang bekerja tidak semestinya, untuk itu harus cepat diatasi.

Cara mengatasi Ponsel cepat panas

Penggunaan ponsel yang terus-menerus tanpa henti, sebenarnya normal untuk membuat ponsel cepat panas. Apalagi dipakai untuk bermain game, atau menonton video youtube, hal ini dikarenakan kinerja RAM akan terkuras.

Masalah akan muncul jika ponsel, terasa panas mesti pemakaiannya tidak terlalu berat atau lama. Ada kemungkinan terjadi sesuatu pada ponsel milik Anda dan perlu diwaspadai, bisa saja dengan pergi ke konter untuk dideteksi masalahnya. 

Berikut cara awal untuk mengatasi ponsel cepat panas:

1. Batasi penggunaan Ponsel Anda

Walau saat ini sudah ada fitur pengecekan suhu agar ponsel tetap berada pada suhu normal. Namun demikian jika Ponsel Anda terlalu sering digunakan, berlama-lama dalam mengakses sesuatu maka kemungkinan ponsel cepat panas karena RAM dan sistem bekerja ekstra. 

Ini akan merembet juga pada penggunaan baterai yang semakin besar kapasitasnya, oleh karena itu berilah waktu setidaknya 30 menit untuk ponsel Anda beristirahat dari aktivitas.

Dan ulangi langkah tersebut setiap hari, agar ponsel tidak cepat panas dan juga untuk menjaga umur baterai agar tetap lama.

2. Periksa Kondisi Baterai

Jika kondisi terlalu panas akan merusak semua alat pendukung pada ponsel Anda. Bahkan bisa berakibat juga pada kerusakan baterai yang mana baterai sekarang merupakan baterai tanam.

Cara sederhana untuk mengetahui kondisi baterai Anda yaitu dengan menekan *#*#4636#*#* pada layar ponsel. Jika suhu baterai melebihi 50 derajat, ini berarti ada masalah dengan baterai Anda.

Maka hentikan segala aktivitas yang Anda lakukan dengan ponsel Anda, kalau bisa matikan dahulu ponsel beberapa menit.

3. Gunakan Casing yang berongga

Sekarang ini casing banyak digunakan oleh pengguna ponsel, selain untuk melindungi ponsel juga untuk mempercantik tampilan.

Namun tanpa disadari penggunaanya malah akan membuat ponsel Anda menjadi panas, karena tidak adanya rongga udara yang dijadikan keluar masuknya udara. 

Oleh karena itu, pilihlah casing ponsel yang berongga, dan pilihlah bahan yang memang tidak menyebabkan ponsel panas.

4. Gunakan WiFi secara efektif

Sekarang ini hampir di setiap instansi atau tempat umum, disediakan layanan WiFi gratis. Untuk itu jika Anda ingin menggunakan WiFi maka coba matikan dahulu layanan internet operator selular yang dipakai.

Karena jika kondisi WiFi tidak stabil, ponsel akan kembali menggunakan sinyal operator dan berakibat pada borosnya baterai. Karena jika terus menerus ada kemungkinan ponsel akan sedikit terasa panas, karena bekerja dobel.

Keempat cara diatas bisa Anda praktekan setiap hari agar ponsel tidak cepat panas, selain itu ada kemungkinan bahwa panasnya ponsel diakibatkan dari kerusakan komponen.

Maka cara terakhir adalah Anda harus memperbaiki ponsel Anda, agar tidak terjadi kerusakan yang malah akan menyebabkan ponsel Anda mati total.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar