hu Skip to main content

Cara Copy File Besar Menjadi Lebih Cepat dan Efektif

Cara Copy File Besar

Pekerjaan kita setiap hari selain dari mengetik dokumen juga sering kali memindahkannya ke sebuah flashdisk. Namun masalah muncul ketika file yang akan kita copy, kapasitasnya cukup besar sehingga memerlukan waktu yang lebih lama sedangkan kita diburu dengan waktu.

Mengcopy file besar memang memerlukan trik tersendiri, agar bisa cepat dan mudah sehingga bisa menghemat waktu. 

Kita bisa menggunakan bantuan aplikasi, atau sedikit setting pada komputer, bahkan ada cara termudah yaitu mengganti hardisk ke SSD.

Lalu bagaimana cara mengcopy file besar di laptop, agar bisa berjalan dengan cepat, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

BACA JUGA : 4 Cara Awal Mendeteksi Keyboard Laptop yang bermasalah

1. Gunakan Aplikasi TeraCopy

Cara pertama adalah dengan bantuan sebuah aplikasi, yang bisa mempercepat transfer file yang berkapasitas besar. Aplikasi yang disarankan yaitu TeraCopy, dimana Aplikasi ini bisa di unduh secara gratis. 

Penggunaan aplikasi TeraCopy cukup mudah sekali, untuk proses copy Anda bisa menggunakan fitur drag and drop, sehingga proses copy dilakukan seperti pada Windows Explorer. 

Setiap Anda melakukan proses Paste, popup jendela akan secara otomatis muncul dan menanyakan apakah akan menggunakan TeraCopy atau tidak. Untuk copy file-file yang besar sebaiknya menggunakan aplikasi ini, karena proses copy nya berlangsung lebih cepat dari pada manual.

2. Ubah Format Hardisk Menjadi Type NTFS

Cara lainnya yaitu dengan melakukan format pada hardisk kita, menjadi NTFS. Dimana sering kita kenal sebelumnya System Operasi Windows terdapat dua format yaitu FAT32 dan NTFS. 

Format FAT32 ini tidak bisa mengcopy file dengan ukuran diatas 4 GB, karena akan menyebabkan proses transfer data yang dilakukan lebih lambat.  

Hal ini tentu saja akan sedikit berbeda dengan format yang ada pada NTFS, format ini sendiri bisa melakukan copy file tanpa batasan ukuran.


Untuk mencobanya silahkan ikuti caranya seperti dibawah ini, untuk melakukan format disk Anda ke NTFS.
  • Klik kanan pada "flash disk"
  • Pilih menu "Format"
  • Selanjutnya akan muncul menu dropdown, "File System" dengan berbagai pilihan format seperti FAT32, NTFS, exFAT. 
  • Silahkan pilih format "NTFS"
  • Centang pada menu "Quick Format"
  • Klik "Start", dan tunggu hingga proses selesai.
Setelah prose format selesai, kamu bisa check disk kamu apakah sudah berubah menjadi NTFS, kemudian lanjutkan proses copy file besar kedalam disk tersebut. 

Namun perlu diingat sebelum Anda melakukan format, sebaiknya backup terlebih dahulu file-file yang ada agar tidak hilang.

3. Ganti Hardisk Kamu ke SSD

Ini adalah cara terakhir yang paling efektif untuk saat ini, dalam rangka meningkatkan kecepatan saat mengcopy file besar, yaitu dengan mengganti HDD ke SSD. SSD sendiri memiliki kelebihan proses transfer data 4X lebih cepat dibandingkan HDD biasa, juga mempunyai daya tahan yang lebih kuat, apalagi tidak bersisik ketika sedang melakukan proses pengcopy-an data.

Walau memang harga untuk SSD ini lebih mahal dibandingkan HDD, namun akan tergantikan oleh kualitas transfer data yang diberikan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar