hu Skip to main content

Inilah Cara Screenshot Di Laptop Lenovo (UPDATE)

Cara Screenshot Di Laptop Lenovo

Cara Screenshot di Laptop Lenovo - Bagi sebagian orang, bekerja dengan laptop dapat membantu meringankan pekrjaan. Laptop juga sangat fleksibel, karena mudah dibawa kemana-mana, dan tidak terlalu berat. Kadang ada satu pekerjaan di leptop yang mengharuskan kita untuk screenshoot hasil pekerjaan kita.

Namun ternyata banyak orang yang seringkali kebingungan dengan beberapa fungsi yang sebenarnya untuk mempermudah pemakai. Salah satunya fungsi screenshot pada laptop lenovo. Padahal cara screenshoot tersebut sudah ada di depan kita yaitu pada tombol-tombol keyboard.

Cara Screenshot di Laptop Lenovo

Laptop Lenovo merupakan salah satu brand yang cukup andal untuk dijadikan teman kita saat bekerja sehari-hari. Selain karena memiliki desain yang simpel dan elegan, ternyata Lenovo juga digandrungi anak muda. 

Selain itu leptop ini tidak hanya sekedar leptop biasa, akan tetapi sebanding antara kualitas dan harga yang ditawarkan. 

Langkah-langkah Screenshot di Laptop Lenovo

Sebenarnya cara ini sangat mudah, kalau Anda sudah tau caranya, Anda cukup menekan salah satu tombol yang ada pada keyboard. Namun kadang kita hanya bisa memakai tombol angka dan huruf saja tanpa tahu fungsi dari semua tombl yang ada pada leptop tersebut.

Karena ketika kita akan melakukan suatu pekerjaan, tanpa harus klik dalam aplikasi yang kita jalankan kita bisa menggunakan tombol yang ada di keyboard tersebut, salah satu contohnya saat kita akan Print File Exel, maka cukup menekan tombol Ctrl+P maka dilayar akan muncul tampilan print.

Berikut ini cara screenshot pada leptop Lenovo:

1. Gunakan Aplikasi 

Cara pertama untuk mengambil Screenshot pada Laptop Lenovo, yaitu Anda dapat menggunakan salah satu program screenshot, contohnya LightShot. Software ini memiliki layanan yang cukup lengkap seperti menambahkan teks, tombol panah, hingga editor gambar. 

Selain itu, software lightShot ini cocok untuk melakukan sejumlah fungsi, misalnya, dalam membuat laporan, menulis seluruh buku dengan disertakan gambar.

2. Gunakan tombol  Print Screen (PrtSc)

Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan tombol Print Screen (PrtSc) yang biasanya ada di tombol bawah atau atas sebelah kanan, berikut ini caranya :

A. Pilih area yang ingin Anda jadikan Foto

- Pertama tekan tombol PrtSc pada laptop Lenovo Anda, kalau tidak ada kemungkinan tulisannya PtrScn, tombol tersebut biasanya ada di kanan atas (dekat tombol F12) atau dipaling bawah sebelah kanan dekat tombol Spasi/Ctrl pada keyboard.

- Setelah menekan, silahkan buka software Paint ( bisa cari dimnu atau kotak pencarian dengan menuliskan paint).
Cara Cepat cari Paint

- Selanjutnya, klik tombol CTRL + V (bersama-sama) untuk meluncurkan fungsi tempel. Setelah itu silahkan edit sendiri sesuka Anda.
Tampilan setelah di Paste di Software Paint

- Untuk menyimpan hasil dari screenshot, silahkan klik tombol CTRL + S secara bersamaan dan beri nama, atau bisa juga klik logo floppy disk (Save) di bagian kiri atas.

3. Klik tombol Print Screen + tombol windows

Cara ketiga dalam melakukan fungsi screenshot di laptop lenovo ini adalah dengan menekan tombol kombinasi tombol PrtSc+Windows secara bersamaan. 

Untuk dapat melihat hasilnya, silahkan buka menu windows explorer lalu klik This PC - Klik pada pilihan folder screenshot

4. Gunakan Snipping Tools

Software ini merupakan bawaan dari windows, yang bisa kita cari pada menu start. cara penggunaanya pun sangat simpel dan tidak membingungkan. Berikut ini langkah-langkahnya:

- Pilih area yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya

- Klik Snipping Tools di Start Menu, atau Anda juga dapat mencarinya di kolom pencarian dengan menuliskan Snipping Tools.

- Saat Anda membuka menu akan ada menu mengambang, maka Anda dapat memilih opsi baru
Tampilan menu Snipping Tools

- Langkah selanjutnya adalah membuat screenshot dan akan otomatis tersimpan di folder yang kamu pilih

Demikian sedikit penjelasan mengenai Cara Screenshot pada laptop Lenovo yang bisa Anda gunakan saat akan membuat foto pada layar Laptop Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar