hu Skip to main content

Cara Cerdas Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android

Cara cerdas mengatasi aplikasi Terhenti

Cara cerdas mengatasi aplikasi Terhenti di Android
- Banyaknya aplikasi yang sering digunakan pada perangkat mobile biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk berkomunikasi memberikan hiburan. Namun terkadang, dengan banyaknya aplikasi yang dipakai justru akan menggangu sistem operasi smartphone sendiri. 

Baik itu menyebabkan aplikasi yang sedang kita pakai berhenti secara tiba-tiba, atau bahkan yang lebih parah smartphone kita ngelag. Hal tersebut sebetulnya masih bisa kita akali, dan kita perbaiki hanya saja sebelum itu ada beberapa hal dasar yang patut anda ketahui sebagai salah satu dari penyebab terhentinya aplikasi yang sedang anda pakai.

1. RAM Pada Smartphone Penuh

Aplikasi yang berjalan di Android sepenuhnya bergantung pada RAM yang digunakan, jika memori terbatas, tetapi terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, itu jelas kan menyebabkan kinerjanya terganggu, karena tidak ada ruang yang tersisa.

2. File cache pada aplikasi sudah menumpuk

Perlu dikatehui bahwa pada setiap aplikasi Android akan menyimpan file cache, semacam sampah bekas pemakaian pada saat sebelumnya. Namun, jika tidak dibersihkan secara rutin, file cache akan menumpuk dan tentunya bermasalah bagi HP kita sendiri. Dimana pada saat Aplikasi berjalan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat merespons.

BACA JUGA3 Cara Menyadap WhatsApp Pasangan Terbukti Ampuh

Cara Memperbaiki Aplikasi Berhenti Di Android

Dengan beberapa alasan diatas yang dapat menyebabkan aplikasi secara tiba-tiba berhenti dirasakan sangat mengganggu. Maka ada beberapa cara cerdas mengatasi aplikasi terhenti pada android anda, diantaranya:

1. Periksa Kartu SD Anda

Dihampir semua tipe Android biasanya telah menggunakan tambahan microSD card, yang berfungsi sebagai memori tambahan untuk menyimpan berbagai file. Bisa saja microSD kita merupakan barang bekas yang kita beli atau ada debu yang terselip pada ujung batngan tembaga.

Cara cerdas mengatasinya yaitu dengan mematikan smartphone Anda, lalu mengeluarkan kartu microSD bekas dari slotnya. Setelah itu diamkan dan bersihkan beberapa saat, baru kita pasang kembali. Dan jika masih terdapat masalah ada kemungkinan kartu SD anda telah rusak sehingga tidak bisa digunakan dan menyebabkan aplikasiyang terinstal didalamnya tidak dapat digunakan.

2. Hapus cache dan data aplikasi

Kesalahan pada cache dan data dalam aplikasi juga bisa menjadi penyebab aplikasi terhenti secara mendadak karena tidak bisa membacanya secara penuh. Disini Anda dapat membersihkan cache dan data aplikasi di ponsel pintar Android Anda. 

BACA JUGA: Ingat! Ini Tanda-tanda WhatsApp Anda Disadap Orang Lain

3. Instal Ulang Aplikasi

Jika kedua metode di atas ternyata masih belum dapat memperbaiki masalah, maka ada kemungkinan masalah utamanya aplikasi itu sendiri. Mungkin ada beberapa data yang rusak, sehingga tidak berfungsi dengan benar. 

Caranya mau tidak mau anda harus instal ulang aplikasi tersebut, agar bisa dipakai kembali di smartphoen android Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar