hu Skip to main content

inilah Cara Untuk Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk dengan benar

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk, dengan Recuva

Banyak kasus yang terjadi ketika secara tidak sengaja kita menghapus sebuah File yang sangat penting yang ada pada Hardisk atau flashdisk. Dan tentu saja ini akan membuat satu kerugian bagi kita, apalagi kita belum sempat memperbanyak file tersebut. 

Bagaimana memulihkan file yang sudah terhapus pada hard drive dan flash drive? Tapi jangan khawatir, kali ini ada sebuah aplikasi yang mungkin bisa menjadi solusi bagaimana Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk yaitu dengan Aplikasi Recuva.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Paling Efektif dengan RECUVA


Bagi yang mengalami masalah di atas, jangan panik. Berikut beberapa langkah untuk mengatasinya. Salah satunya melalui aplikasi bernama Recuva. Namun, sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu tentang aplikasi yang satu ini.

Apa itu Recuva?

Recuva adalah suatu program yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan sejumlah file yang hilang. Dimana aplikasi ini mampu mengembalikan Recycle Bin yang kosong ke format aslinya. beberapa format file yang bisa dikembalikan diantaranya Bahkan dikatakan dapat memulihkan dokumen yang telah terhapus karena crash, bug, atau bahkan virus sekalipun.

Selain itu, aplikasi ini juga masih satu developer dengan CCleaner yang dikenal sebagai salah satu aplikasi pembersih memori terpopuler, dan terbaik saat ini. Ukuran file dari aplikasi Recuva sendiri tidak terlalu besar, dan bisa kita dapatkan secara gratis di situs download manapun.

Fitur Recuva diataranya:

Recuva sendiri merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengembalikan file yang terdelet, dan terhapus dari folder sampah. fungsi lainnya, yaitu:
  1. Anda dapat memulihkan file dari media penyimpanan yang diformat atau rusak.
  2. Anda dapat memulihkan file musik iPod.
  3. Memulihkan dokumen Microsoft Word yang belum disimpan, baik karena hang di Microsoft Word atau komputer mati secara tiba-tiba.
  4. File gambar khususnya memiliki fungsi pratinjau file.

Tips Saat data Terdelet

Aplikasi ini tidak selamanya berjalan dengan baik, kadang jika memang file tadi sudah tidak bisa dikembalikan maka saat kita membukanya akan terjadi bug atau kerusakan. Nah, untuk menyiasatinya hal tersebut, berikut beberapa tips ketika Anda kehilangan data:
  • Matikan komputer terlebih dahulu.
  • Jangan menyimpan data baru (apa pun) di drive yang datanya hilang tersebut.
  • Saat data Anda hilang, gunakan aplikasi pemulihan segera.
  • Saat Anda ingin menggunakan Recuva, pastikan untuk menyimpannya ke drive lain.
  • Selalu simpan hasil yang dipulihkan ke drive yang berbeda juga.

Cara Menggunakan Recuva?

Sebelum menjalankan program ini, pastikan untuk mengunduhnya dan menginstal pada perangkat komputer Anda. Jika belum punya, langsung saja download.

• Masuk ke menu wizard Recuva
• Anda dapat memilih atau melewati opsi "Jangan tampilkan wizard ini saat memulai". Namun, sebagai saran, lebih baik untuk mengklik opsi ini dan kemudian klik berikutnya
• Klik pada jenis file yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda lupa jenis dokumen, pilih saja semua jenis. Sehingga semua data yang telah dihapus dapat dikembalikan ke daftar. Namun, biasanya meningkatkan waktu pemindaian yang Anda lakukan.
• Kemudian pilih opsi berikutnya
• Selanjutnya akan muncul tampilan form untuk mencari dokumen yang telah dihapus dan ingin dikembalikan. Setelah itu, klik opsi berikutnya lagi
• Bagaimana memulihkan file yang terhapus di hard drive Selanjutnya, jalankan Recuva. Jika Anda memilih opsi Enable Deep Scan, program akan secara otomatis mencari dokumen yang dihapus lebih detail. Namun, hasilnya adalah pemindaian membutuhkan waktu lebih lama.
• Selanjutnya menunggu proses scanning
• Jika ada daftar dokumen yang ingin Anda kembalikan, klik mana saja yang menjadi tujuan Anda. Dan klik opsi pemulihan di kanan bawah
• Biasanya setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih lokasi pemulihan dokumen. Coba lokasi yang berbeda dengan lokasi hasil scan, lalu tekan OK
• Setelah berhasil, periksa kembali apakah dokumen yang Anda inginkan berada di tempat asalnya, bukan?

Itulah sekilas mengenai Aplikasi Recuva, yang berfungsi mengembalikan file yang sudah terhapus dan tidak ada dalam file sampah. Ada kemungkinan untuk file baru bisa kita ambil dengan sempurna, namun kadang untuk beberapa file yang memang ada masalah tidak akan bisa kita buka walau sudah kita download kembali.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar