hu Skip to main content

4 Cara Awal Mendeteksi Keyboard Laptop yang bermasalah

Cara Awal Memperbaiki Keyboard Leptop yang bermasalah

Saat ini keberadaan leptop sangat diperlukan sama halnya dengan komputer PC, apalagi kita bisa membawanya kemana-mana. Laptop merupakan sesuatu yang sangat penting untuk kita, karena pekerjaan kita lebih banyak dilakukan secara remote dari rumah.

Namun terkadang kala kondisi laptop Anda tidak selalu dalam keadaan baik, itu akan menjadi masalah yang serius. Hal ini dikarenakan Laptop tidak sama dengan PC yang ketika ada masalah bisa diganti satu-satu. 

Salah satu kendala yang mungkin sering kita jumpai adalah pada keyboard laptop kita, misalkan seperti ada tombol yang terpencet sehingga ketika digunakan untuk mengetik akan terus-terusan muncul salah satu huruf.


Atau bisa juga salah satu tombol terpenting yang ada pada keyboard tidak bisa digunakan, nah berikut ini ada 6 cara awal bagaimana memperbaiki keyboard yang bermasalah agar pekerjaan kita tidak terganggu.

5 Cara Awal Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

1. Memastikan Kerusakan Pada Laptop

Pada sebuah laptop, ada dua bgian penting yaitu hardware dan software, nah untuk kerusakan pada keyboard ada dua kemungkinan terjadi pada hardware atau softwarenya.

Maka dari itu kita perlu memastikan terlebih dahulu letak permasalahannya, salah satu cara yaitu Anda bisa restar laptop Anda dan cobalah masuk pada sistem BIOS. Apabila pada saat masuk di dalam menu BIOS kamu bisa menggunakan keyboard, berarti permasalahan ada pada software.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Mengatasi Notebook yang Lemot? Ikuti Langkah Berikut Ini

2.  Bersihkan keyboard

Seringnya penggunaan laptop, terutama pada kondisi dimana ruangan tidak bersih, kemungkinan debu akan masuk dan menempel pada tombol keyboard tersebut. Atau ada sesuatu yang bentuknya kecil masuk diantara celah tombol keyboard kita. 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan debu/barang yang menempel pada keyboard tersebut baik dengan menggunakan kuas kecil, atau alat pembersih yang bisa kita beli khusus untuk membersihkan keyboard.

Bersihkan keyboard ketika kita habis menggunakan laptop tersebut agar, debu atau barang tersebut tidak semakin menumpuk yang kana menganggu kinerja keyboard.

3.  Restore Windows

Apabila keyboard Laptop Anda tidak berfungsi setelah melakukan Update system pada Windows atau menginstal suatu aplikasi, maka kamu bisa mencobanya dengan melakukan restore Windows. 

Untuk melakukan Restore pada Windows, caranya sebagai berikut :
  • Klik tombol Start -> lalu masuk ke menu control panel
  • Plih pada menu "system and security" 
  • Lalu pilih menu "backup your computer"
  • Klik menu "open system restore"
Kemudian Laptop Anda akan melakukan reboot ulang, setelah selesai melakukan reboot silahkan cek apakah keyboard anda masih bermasalah atau sudah normal.

BACA JUGA : Inilah Cara Download Windows 11 Tanpa Perlu Menunggu Update dari Microsoft

4.  Perbaiki atau Update Driver Keyboard

Cara ke-4 yaitu dengan mencoba instal ulang pada driver keyboard yang sesuai dengan Windows yang digunakan. Karena bisa saja ada kerusakan yang diakibatkan oleh virus pada sistem keyboard Anda. Untuk melihatnya, silahkan ikutilangkah ini:
  • Klik menu start lalu pilih "control panel"
  • Di dalam menu "control panel", klik "system and security" lalu pilih "Device Manager"
  • Gulir kebawah dan cari keyboard
  • Apabila menemukan tanda seru, berarti driver keyboard kamu mengalami masalah. 
Silahkan lakukan update driver yang telah disediakan pada website resmi Leptop Anda, atau pada situs download yang terpercaya.

Terakhir apabila semua cara diatas telah dilakukan, tetapi keyboard laptop masih bermasalah,alangkah baiknya diperbaiki ke service center resmi. Ada kemungkinan hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada hardware laptop Anda.

Apabila tidak ada service center resmi, perbaiki di tempat service yang sudah terbukti bagus agar tidak ada masalah lainnya yang ditimbulkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar