hu Skip to main content

Begini Caranya Dalam Membuat Folder Tersembunyi pada Ponsel Android milik Anda


Teknologi sekarang ini semakin memudahkan penggunanya untuk bisa menyimpan file dalam suatu folder yang mudah diakses. File tentu memiliki kepentingan yang berbeda, beberapa tersedia untuk dapat dilihat secara umum dan beberapa tidak. 

Nah, untuk file yang bersifat pribadi sangat penting untuk menyimpannya dengan aman, salah satu caranya dengan membuat folder tersembunyi di Android. Biasanya beberapa orang menggunakan folder tersembunyi untuk menyimpan file pribadi, yang sangat penting atau rahasia. 

Mirip dengan PC atau laptop, ponsel Android juga sebenarnya menyediakan fitur untuk dapat mendukung penyimpanan file dalam folder yang disembunyikan. Bagi Anda yang belum tahu cara membuat folder tersembunyi di Android, berikut ini caranya:

Cara membuat folder tersembunyi di Android

Untuk menyimpan sebuah file atau dokumen, Anda sebaiknya membuat folder yang diberi nama sesuai dengan isi file tersebut, kemudian simpan file tersebut pada folder yang baru saja dibuat. Untuk membuat folder tersembunyi di Android juga ada proses serupa, kamu bisa ikuti angkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi pengelola file atau biasanya muncul dengan nama pengelola file di ponsel Anda.
2. Silakan cari opsi untuk membuat folder baru (Create New Folder).
3. Beri nama folder yang Anda buat (Misal: PASWORD), sesuaikan dengan nama file yang akan disimpan;
4. Kemudian pindahkan file yang ingin Anda simpan ke folder PASWORD.
5. Tambahkan titik di awal nama folder. Folder sudah disembunyikan.

Lalu bagaimana menemukan dan mengakses folder yang sebelumnya sudah tersembunyi. Tenang, ini juga sangat mudah caranya. Buka saja pengelola file seperti saat Anda membuat folder tersembunyi di Android sebelumnya. Berikut tahapan lengkapnya:

1. Buka pengelola file atau aplikasi pengelola file di ponsel Anda.
2. Buka menu Pengaturan
3. Cari opsi Tampilkan folder tersembunyi atau Tampilkan folder tersembunyi, dan folder yang semula Anda sembunyikan akan muncul.

Mengapa kita perlu menyimpan file di folder tersembunyi? Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, tidak semua file berisi informasi publik atau diketahui. Ada juga file pribadi, dengan akses terbatas yang hanya kita yang tahu. Bukan tidak mungkin seseorang secara tidak sengaja mengakses ponsel Android Anda tanpa sepengetahuan Anda dan ingin mencuri file tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, folder tersembunyi dibuat sehingga tidak ada yang bisa mengakses file Anda tanpa sepengetahuan Anda. Kerugian yang ditimbulkan bisa bersifat fisik, bahkan yang paling parah bisa bersifat psikologis. Oleh karena itu, jagalah file Anda dengan hati-hati agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar