hu Skip to main content

Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri
- Salah satu masalah yang sering kita jumpai pada saat bekerja dengan Komputer adalah komputer kita Restars Sendiri. Hal ini akan sangat mengganggu pekerjaan kita, coba kita bayangkan komputer yang kita gunakan, tiba-tiba mati dengan sendirinya, apalagi jika kita sedang melakukan pekerjaan dan kemudian tidak sempat save, tentunya kita harus mengulang dari awal.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini, kami akan mencoba fokus pada bagaimana caranya agar komputer anda dapat bekerja maksimal lagi dengan tidak ada kendala restart sendiri.

1. Prosesor
Biasanya alasan utamanya adalah prosesor pada komputer kita, hal ini karena kita tahu bahwa prosesor dapat dikatakan sebagai otak dari komputer, jika poin pertama benar-benar bermasalah, berarti komputer Anda tidak dalam keadaan normal. Pada umumnya masalah yang terjadi disebabkan oleh kelebihan prosesor, atau yang kita kenal dengan istilah overheating. 

Untuk mengetahui apakah komputer kita mengalami overheat atau tidak, kita bisa mengetahuinya dengan cara berikut ini:
  1. Periksa suhu komputer dengan memeriksa daftar di perangkat keras, khususnya di BIOS
  2. Anda juga dapat memeriksa dengan bantuan perangkat lunak pemantauan, misalnya perangkat CPUID.
  3. Jika tidak, kita juga dapat melakukan ini dengan membuka casing dan kemudian memeriksa dengan menyentuh pelat pendingin (prosesor Coler)
  4. Lakukan penyikatan secara rutin atau rutin, Anda bisa menggunakan sikat yang bersih dan kering. singkirkan semua debu yang menempel,
  5. Angkat dan bersihkan processor pada motherboard, periksa thermal paste untuk mencegah apa yang tidak ingin kita ganti dengan yang baru.
  6. Sebaiknya komputer tidak diletakan di ruangan yang panas, hal itu dapat menyebabkan komputer Anda cepat panas pula. Anda dapat menambahkan kipas angin di komputer Anda untuk menetralkan suhu agar tetap stabil.

2. Kekurangan Daya
Alasan lain yang menyebabkan komputer Anda sering restart adalah karena komputer Anda kekurangan daya, yang dapat menyebabkan drive komputer berhenti bekerja dan terkadang hang dan mati dengan sendirinya.

Cara mengetahui hal itu sangat mudah, saat kita ingin menyalakan komputer biasanya kita mendengar suara kipas yang menyala, dan kita cek dengan cara menyentuhnya secara langsung, jika terasa terlalu panas berarti kita bisa menduga penyebabnya. Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan jangka panjangnya, kita harus mengganti power supply dengan 530W baru (sesuai spesifikasi saat ini).

3. Hardisk
Alasan selanjutnya adalah muncul masalah pada hardisk, biasanya penyebab komputer mati sendiri adalah bad sector di pihak anda, lihat apakah hardisk drive terindikasi masalah seperti itu, biasanya muncul blue screen saat kita menyalakan komputer dan kemudian restart sendiri.

Yang penting disini adalah menjaga hardisk anda, dengan melakukan perawatan anda akan lebih terhindar dari masalah komputer seperti ini. Atau dengan menggantinya dengan yang baru hal ini juga untuk menjaga data anda agar tidak rusak pula.

4. VGA yang rusak
Kerusakan pada VGA juga dapat menyebabkan komputer restart dengan sendirinya, tidak ubahnya pada processor, kerusakan pada VGA juga disebabkan oleh fan overheating yang mulai berkurang atau mungkin mati hingga VGA overheat.


5. Kerusakan Ram
RAM merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer untuk memaksimalkan kinerja komputer Anda, kondisi RAM yang tidak normal juga menjadi indikasi mengapa komputer Anda mati sendiri, jika komputer Anda mulai terasa lambat, lakukanlah. Periksa bagian yang pada bagian ini, perawatan dengan pembersihan rutin dapat memperpanjang umur ram.

Kita bisa melakukan pembersihan setiap dua minggu sekali, pembersihan dengan cairan pembersih, atau bisa juga dilakukan dengan melapnya dengan tisu kering.

Itulah beberapa indikator mengenai Komputer Sering Restart Sendiri dengan demikian kita bisa sedini mungkin menjaga komputer agar tetap bisa digunakan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar