hu Skip to main content

Mengenal jaringan Telekomunikasi 5G di Indonesia

Kartu Simpati 5G
Dalam kesempatan yang cukup baik ini, sekali lagi kita akan membahasa tentang sebuah jaringan teknologi baru yang sedang diusahakan untuk bisa dinikmati di semua wilayah di Indonesia. Yaitu suatu teknologi jaringan internet penerus dari jaringan 4G yang dinamakan 5G. 

Teknologi ini disinyalir dan diharapkan memiliki berbagai kelebihan dari segi fitur serta kecepatan yang lebih baik lagi ketimbang para pendahulunya mulai dari 1G sampai  dengan 4G yang sedang kita pakai saat ini.


Sebelum kita jauh membahas mengenai kelebihan dari Jaringan 5G yang sudah mulai ada, alangkah baiknya kita ulas kebelakang mengenai jaringan sebelumnya. 


1G/GPRS  sebagai dasar panggilan telepon. Kelemahannya adalah sinyal yang lemah dan bisa dikata tidak aman.

Yang selanjutnya yaitu 2G merupakan generasi penerus dari 1G. Ada tambahan panggilan telepon digital dan pesan. Kelemahannya adalah terlalu lambat dalam akses internet sehingga kurang efektif.

Yang ke-3 yaitu 3G dimana menawarkan kelebihan dalam pesan dan tentunya data internet yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. 

Yang ke-4 yaitu 4G menawarkan full IP service dengan koneksi yang cepat dan latency yang rendah dibanding generasi sebelumnya. Kecepatan hingga 1Gbps, yang selanjutnya akan diberikan ke konsumen antara 1Mbps dan 10Mbps sesuai dengan tingkat wilayah.


Lalu mengapa kita memerlukan Jaringan 5G ?

Nah dengan hadirnya 5G di Indonesia, akan menjadikan mobile network (jaringan mobile) yang kita nikmati lebih powerfull dari sebelumnya. Semua service yang berhubungan dengan koneksi internet akan berjalan sangat lancar dengan tingkat latency rendah, dan akan lebih memaksimalkan teknologi baru seperti Real-time gaming, download video kapasitas besar dan kecepatan upload yang sangat cepat sekali. 

Dengan teknologi 5G akan sangat memungkinkan dan mudahnya implementasi teknologi seperti selft-driving cars, Augmented reality dan Virtual reality.


Latency merupakan ukuran seberapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan dari ujung jaringan ke ujung jaringan yang lain. Pada jaringan 2G dan 3G memiliki nilai latency yang tinggi. Kemudian 4G hadir dengan nilai latency internet yang lebih kecil (rendah). Dan sekarang 5G akan hadir pastinya dengan memperkecil nilai latency agar waktu semakin bisa dipangkas.

Kapan 5G akan hadir dipasaran ?

Nah mulai saat ini kita sudah bisa merasakan jaringan internet 5G dengan provider Telkomsel. Namun perlu kita ketahui bahwa untuk merasakan kecepatan dari jaringan internet 5G ini kita harus mempunyai yang pertama adalah kartu SIM, yang kedua smartphone yang mendukung jaringan 5G dan yang terakhir hanya dikota tertentu saja yang sudah ada jaringan internet tersebut. 

Salah satu kota yang mungkin bisa merasakan jaringan internet ini adalah Jakarta. Karena disana adalah pusat dari segala informasi komunikasi dan juga ibukota Negara. 

Semoga kita bisa segera merasakan jaringan 5G ini disemua pelosok negeri baik dikota maupun di Desa. Karena selama ini kendala wilayah menjadi kendala utama penerimaan sinyal jaringan internet. 

Dimana kadang ada beberapa wilayah semisal dipulau jawa saja yang susah mendapatkan sinyal internet bahkan sinyal telepon sekalipun. 

Ini merupakan tantangan bagi provider untuk terus memberikan layanan maksimal kepada konsumen diwilayah pegunungan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar