hu Skip to main content

6 Cara Merawat Baterai Leptop agar Lebih Tahan Lama

6 Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Tahan Lama
- Laptop kini menjadi salah satu perangkat yang selalu menemani keseharian banyak orang selain ponsel. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan laptop, tentunya dengan menggunakan koneksi internet. Anda dapat belajar, bekerja, mendengarkan musik, dan menonton film dengan laptop ini. 

Dengan semakin banyaknya aktifitas yang menggunakan leptop, maka akan memerlukan waktu yang semakin lama juga. Hal ini tentunya akan mempengaruhi terhadap kinerja baterai yang dimiliki oleh leptop itu sendiri.

Baterai disini merupakan salah satu komponen dalam sebuah laptop yang memegang peranan begitu penting. Jangan sampai ketika kita sedang benar-benar membutuhkan leptop, leptop sama sekali tidak bisa digunakan karena baterai habis.

Agar aktifitas kita tidak terganggu dengan habisnya baterai, maka hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah merawat baterai laptop agar baterai Anda lebih awet. Apalagi sekarang ini hampir sebagian besar baterai di laptop terbaru sudah menggunakan sistem baterai built-in. 


Para produsen laptop sudah mulai meninggalkan baterai lepasan karena harganya yang terlalu mahal dibandingkan baterai implan. Apalagi daya tahan baterai laptop tidak hanya karena kualitas baterai, tetapi juga terpengaruh dengan penggunaan dan perawatannya.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Tahan Lama

Terkadang banyak pengguna laptop yang tidak mengetahui atau bahkan lalai dalam merawat baterai, sehingga yang tadinya bisa bertahan 4 jam, menjadi hanya bertahan 2 jam saja. Sama halnya seperti komponen lain yang ada pada laptop, baterai juga memiliki umur yang panjang. 

Masa pakai baterai bisa lebih lama dari yang dinyatakan oleh produsen laptop jika kita bisa merawatnya dengan benar. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat baterai laptop Anda agar lebih awet dan tentunya tahan lama.

1. Hindari Daya Baterai 0%

Sudah sangat umum dimana pada setiap laptop, saat ini sudah dilengkapi dengan pengingat daya baterai. Sehingga kita sebagai pengguna bisa memantau berapa lama lagi leptop bisa digunakan beraktifitas. 

Alangkah baiknya hindari daya baterai Anda hingga benar-benar habis atau 0% yang menyebabkan leptop anda mati. Segera isi ulang baterai saat mulai ada peringatan sistem yang muncul pada layar leptop anda. 

2. Cabut Pengisi Daya Saat Baterai Terisi 100%

Tidaklah bijaksana untuk membiarkan baterai laptop terhubung ke pengisi daya saat terisi penuh, ini adalah sebuah tindakan yang sia-sia saja karena baterai tidak dapat diisi. Bahkan kabar buruknya ada yang menyebutkan jika kita terus menyambungkan daya ke baterai malahan akan mengurangi masa pakai baterai laptop Anda sendiri.

Jalan keluarnya dari masalah rusaknya baterai leptop adalah menggantinya dengan baterai baru, yang pasti kita akan mengeluarkan uang lebih untuk membelinya.

3. Jaga Suhu Laptop Tetap Dingin

Pemakaian yang berlebih dan terus menerus, akan meningkatkan temperatur pada laptop dan merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik laptop. Merawat baterai laptop salah satunya bisa kita lakukan dengan tetap menjaga suhu laptop tetap dingin atau tidak panas. 

Cobalah untuk menghindari menggunakan laptop misalnya di atas bantal atau kasur. Atau Anda bisa juga membeli alat pendingin leptop yang memiliki kipas, sehingga dapat membantu menurunkan suhu baterai dan juga leptop tentunya.

4. Selalu Isi Daya Baterai Laptop Anda

Ketika laptop Anda tidak digunakan untuk beberapa waktu, karena alasan tertentu alangkah baiknya baterai laptop Anda terisi minimal 50% dari kapasita yang dimiliki. Hal ini memang terdengar cukup sederhana, akan tetapi cara tersebut dapat membantu menghemat baterai laptop Anda sehingga lebih tahan lama.

5. Sesuaikan Kecerahan Layar Leptop

Layar laptop yang terang benderang membutuhkan daya baterai yang lebih besar dari pada pencahayaan yang redup. Cobalah untuk mengatur kecerahan pada layar laptop Anda ke pengaturan yang lebih redup.

Walau hal ini setidaknya akan menyebabkan kurang enaknya pandangan kita, akan tetapi ini juga bisa menjaga kesehatan pada mata.

6. Gunakan Adaptor Pengisi Daya Asli

Pada saat pembelian leptop, biasanya kita akan memperoleh adaptor pengisi daya yang asli. Jika adaptor pengisi daya telah rusak, maka usahakan membelinya yang asli agar tidak merusak baterai dan juga leptop anda.

Menggunakan adaptor pengisi daya baterai asli dapat mencegah laptop Anda dari kebocoran daya baterai dan juga kemungkinan buruk lainnya. Banyak pengguna laptop yang tidak memperdulikan baterai laptop karena baterainya cepat habis dan tidak tahan lama. 

Cobalah untuk menghindari kebiasaan yang dapat merusak baterai yang ditanamkan di laptop Anda atau dengan cepat mempersingkat masa pakai baterai. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar