hu Skip to main content

Bagaimana Cara Mengatasi Notebook yang Lemot? Ikuti Langkah Berikut Ini

Cara Mengatasi Notebook yang Lemot

Notebook saat ini bukan lagi sebagai barang yang mewah, malahan merupakan barang umum yang setiap orang ingin memilikinya. Sekarang ini perangkat tersebut sudah dibenamkan teknologi terbaru hampir menyamai kinerja pada komputer biasa. 

Namun bagi sebagian orang membeli barang baru itu harganya masih terlalu mahal, untuk itu alternatifnya mereka membeli barang second, namun masih memiliki kualitas yang baik. Kadang jika kita tidak benar-benar beruntung dalam membeli notebook second, yang ada masalah pasti akan mulai muncul.

Hal tersebut bisa disebabkan beberapa hal, baik itu masalah pada hardware ataupun software yang sudah rusak atau disusupi virus. Akibatnya mungkin saja saat menjalankan notebook ini akan terasa lemot sekali.

Cara Mengatasi Notebook Lemot, Dalam Hitungan Menit!

Ketika kita sedang menggunakan Notebook, baik untuk keperluan sehari hari untuk bekerja seperti mengetik atau bermain game, tapi ditengah jalan malah lemot. Hal tersebut pastinya akan merepotkan dan membuat kerjaan menjadi terbengkalai. 

Keadaan tersebut kemungkinan karena masalah-masalah dibawah ini, dimana secara tidak sadar kitalah yang menyebabkan notebook menjadi lemot. Atau mungkin karena ada salah satu bagian dari hardware yang memang pemasangannya salah atau sudah tidak maksimal kondisinya.

Alasan Notebook Sering Lemot

1. Banyak Aplikasi yang dibuka secara bersamaan

Untuk menunjang pekerjaan kita, kadang memerlukan sekali banyak aplikasi yang harus kita instal dan kita jalankan bersamaan, akan tetapi kita tidak melihat dahulu kapasitas hardware yang dimiliki notebook. 

Perlu diketahui jika Anda, menjalankan aplikasi secara bersamaan hal ini akan mempengaruhi kinerja notebook. Kapasitas RAM yang terbatas tentunya tidak akan mampu menghandle segala mobilitas dalam waktu bersamaan. 


Apalagi aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang besar dan memerlukan kapasitas RAM yang banyak. Maka hindarilah menggunakan aplikasi yang besar secara bersamaan jika kapasitas RAM kecil, misal menggunakan CorelDraw dengan Photoshop secara bersamaan.

2. Kondisi Harddisk

Alasan kedua yang mungkin bisa menjadi penyebab adalah kondisi Harddisk yang telah tua,  dimana akan sangat mempengaruhi terhadap performa. Untuk mengecek tingkat kesehatan Hardisk mungkin Anda bisa menggunakan Aplikasi yang khusus untuk mengeceknya sebut saja Harddisk Sentinel.

Jika ternyata kondisi hardisk kita melemah, sebaiknya ganti dengan yang baru atau ganti dengan SSD. Namun apabila kondisinya baik, ada kemungkinan juga kapasitasnya sudah penuh terutama di drive C. Sering-seringlah untuk mengecek hal tersebut agar notebook kita tidak cepat rusak.

3. Adanya Virus dalam Komputer

Hal ketiga yang mungkin bisa menjadi penyebabnya adalah karena notebook kita telah disusupi virus. Virus dapat masuk ketika ada aktifitas sending file atau yang lainnya pada saat kita menggunakan jaringan internet.

Makanya kita perlu hati-hati pada saat menggunakan jaringan internet, atau saat kita memasukan flashdisk ke notebook. Bisa saja perangkat tersebut telah disusupi oleh virus yang akan membahayakan dan merusak software bahkan sistem windows.

4. Membuka Banyak Browser Tab

Ketika kita membuka jaringan internet, kadang untukmkeperluan yang berbeda kita membuka banyak browser. Cobalah untuk jangan banyak membuka tab browser secara bersamaan, sebab akan menguras RAM yang dimiliki perangkat.

Kondisi akan diperparah jika kapasitas RAM yang dimiliki kecil sekali, bisa saja untuk jangka panjang akan menyebabkan ada hardware yang rusak.

BACA JUGA :
Inilah Cara Untuk Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk dengan benar

Mengatasi Notebook Lemot Dengan Cepat Dan Mudah

Jika ternyata notebook Anda masih sering lemot, ada beberapa cara untuk mengatasi keadan tersebut. Cara ini bisa dilakukan oleh Anda sendiri atau pergi ke service center untuk memulihkan kondisi notebook Anda.

Karena jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan kondisi yang lebih parah lagi, bisa-bisa notebook Anda mati total. karena kita tidak tahu penyebab pasti yang menjadi sebab notebook kita lemot.

Berikut ini Cara mengatasi Notebook Lemot

1. Upgrade Kapasitas RAM

Cara pertama adalah dengan menambah kapasitas RAM, namun kita harus lihat dahulu tentang kapasitas optimal notebook itu sendiri. Jangan sampai setelah diupgrade RAM pada notebook malah menyebabkan masalah lain.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan misalnya kapasitas maksimum RAM pada notebook, jangan sampai yang seharusnya diisi 4 GB malah dipasang 8 GB, atau salah memilih kecepatan data RAM.

2. Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Dengan banyaknya aplikasi yang kita instal akan meyebabkan penuhnya drive C, hal ini dikarenakn sistem windows disimpan di drive C. Aplikasi yang overload akan mengakibatkan kepasitas Drive C sesak dan lama ketika membaca harddisk. 

Jadi sering-seringlah melihat kapasitas drive C agar kita bisa memperkirakan sisa kapasitas yang ada, jadi ketika kita akan instal aplikasi baru tapi kapasitas sudah penuh kita delet dulu aplikasi yang tidak penting.

BACA JUGA : Inilah Cara Download Windows 11 Tanpa Perlu Menunggu Update dari Microsoft

Perlu diketahui juga aplikasi yang jarang dipakai hanya akan menguras RAM dan membuat performa notebook jadi berkurang apalagi aplikasi tersebut selalu berjalan.

3. Bersihkan Shortcut di Desktop

Untuk mempermudah dalam mencari aplikasi yang sering kita gunakan, biasanya kita akan menaruhnya pada bagian desktop dan ini termasuk salah satu alasan mengapa notebook menjadi lemot. Silahkan bersihkan shortcut yang memang jarang digunakan, sisakan hanya beberapa saja tidaklebih dari 10. 

4. Pakai Antivirus

Ada kemungkinan notebook menjadi sangat lemot karena adanya virus yang menyerang pada sistem. Oleh sebab itu alangkah baiknya kita instal antivirus untukmendelet virus tersebut dan sebagai deteksi awal yang baik. Gunakan antivirus yang baik dan layak digunakan pada notebook anda jangan sampai malahan akan menambah notebook menjadi tambah lemot juga. 

Antivirus yang bisa Anda gunakan misalnya buatan Indonesia seperti smadav, atau bisa juga menggunakan Avast Internet Security jika anda sering menggunakan internet. Karena bisa saja setelah kita mengakses salah satu website, ternyata secara tidak sadar kita mendownload sesuatu yang ternyata virus.

BACA JUGA : 6 Cara Merawat Baterai Leptop agar Lebih Tahan Lama

5. Ganti HDD dengan SSD

Cara ini juga bisa menanggulangi keadaan notebook lemot, yaitu dengan mengganti hardisk kita menjadi SSD. SSD ini sekarang banyak digunakan pada notebook terbaru karena kecepatannya tidak diragukan lagi.

6. Instal Ulang Windows

Ada kemungkinan Windows kita rusak salah satunya disebabkan telah disusupi oleh virus berbahaya, untuk itu alangkah baiknya cepat di Instal ulang, sebelum merembet ke data yang ada pada notebook kita. 

Itulah Bagaimana Cara Mengatasi Notebook yang Lemot, dengan berbagai cara yang simpel dan terbukti berhasil digunakan. Apabila Anda ragu untuk melakukannya sendiri, sebaiknya datang langsung ke service center resmi ataupun tidak resmi untuk mengatasi lemotnya notebook Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar