hu Skip to main content

5 Cara Jitu Mengamankan Ponsel Anda dari Seorang Hacker

Cara agar Data Pribadi Anda Aman dari Serangan Hacker

Cara Jitu Mengamankan Ponsel Anda dari Seorang Hacker - Pada jaman sekarang ini data pribadi telah menjadi komponen yang sangat berharga. Banyak tangan-tangan jahil, termasuk para hacker yang meretas data pribadi kita untuk tujuan yang tidak baik.

Salah satu yang rentan dicuri yaitu melalui ponsel, dimana sudah kita ketahui bersamadalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari yang namanya ponsel. Pada saat yang sama, ponsel kita secara sadar atau tidak telah menyimpan data pribadi dalam jumlah besar, seperti layanan perbankan, atau foto pribadi.

Agar hal-hal diatas dapat kita hindari, maka lakukanlah cara dibawah ini untuk mengurangi pencurian data pribadi kita dari serangan hacker.

1. Gunakan pengelola kata sandi

Pada saat memakai sandi, baik itu untuk aplikasi atau ponsel anda, maka usahakan membuat kata sandi yang rumit namun mudah anda ingat. Contoh kata sandi yang rumit adalah kata sandi yang dibuat berdasarkan perpaduan antara huruf, angka, dan juga simbol. Tetapi malahan kata sandi yang rumit seperti itu seringkali menyebabkan masalah buat kita sendiri pada saat akan memakainya lagi.

Sekarang ini biasanya ponsel pintar telah mempunyai fitur pengelola kata sandi, dimana kita dapat menggunakannya saat diperlukan.

BACA JUGA: Wow Situs Streaming Film Ilegal Bisa Raup 100 Juta Loh

2. Gunakan VPN saat menggunakan Wi-Fi publik

Jika Anda sering bepergian keluar dan menggunakan Wi-Fi publik saat menggunakan jaringan internet untuk ponsel anda, beberapa ahli menyarankan agar Anda menggunakan VPN. VPN sendiri dapat mencegah data Anda diintip oleh orang lain yang bersembunyi di jaringan publik yang sama seperti yang anda gunakan.

Untuk mengganti VPN, sangat mudah sekali anda bisa download aplikasi yang ada di Apple App Store dan Google Play Store disana disediakan banyak aplikasi VPN gratis, namun perlu diingat pilihlah yang tidak meragukan.

3. Perhatikan izin aplikasi

Saat ini ketika kita instal sebuah aplikasi pada ponsel biasanya diawal akan ada permintaan akses mulai dari kontak, foto, dan mungkin data lainnya. Hal ini sangat berbahaya jika aplikasi yang anda gunakan adalah aplikasi yang dibuat untuk mengelabui anda.

Aplikasi yang meminta akses ke data yang tidak relevan dengan fungsinya adalah tanda peringatan utama untuk kita agar mungkin jangan sekali-sekali menginstal aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Beginilah Cara Membuka Situs yang Diblokir tanpa Aplikasi

4. Perbaharui perangkat lunak ponsel

Dalam upaya untuk selalu menjaga sistem operasi ponsel Anda tetap mutakhir sangat lah penting untuk menjaga keamanan data pribadi anda. Pembaruan perangkat ini juga memungkinkan Anda untuk tetap selangkah lebih maju dari peretas. Selain itu berguna untuk memperbaharui sistem keamanan pada ponsel anda.

5. Unduh aplikasi dari toko aplikasi resmi

Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi yang ada di App Store atau Google Play Store 100% dapat dipercaya, tetapi para ahli masih mengatakan bahwa Anda hanya boleh mengunduh dari toko resmi.

Mengunduh aplikasi dari situs web tidak resmi atau tidak aman hanya akan meningkatkan risiko disusupinya ransomware, malware, spyware, dan bahkan virus Trojan yang akan menginfeksi perangkat Anda. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar