hu Skip to main content

4 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Android


Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Android - Walaupun sekarang ini memori internal pada suatu HP semakin besar namun, untuk seri lama masih kecil sehingga cepat penuh. Memori dapat terisi penuh jika terlalu banyak data yang disimpan sehingga menyebabkan smartphone menjadi lag.

Tentu saja ini akan menjadi gangguan pada smartphone kita, bahkan ada kemungkinan mengganggu kinerja sistem didalamnya. Sebetulnya ada cara mudah agar memori internal pada smartphone kita tidak penuh yaitu dengan menggunakan memori external atau sering disebut SD Card. 

Dimana file-file yang ada didalam memori internal seperti foto, video, atau aplikasi kita pindahkan ke memori external tersebut. Namun ada hal yang perlu diingat yaitu sebaiknya kecepatan transfer pada SD Card harus lebih baik agar tidak mengganggu.

Cara mengatasi memori Internal penuh di Android

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk dapat mengatasi penuhnya memori internal pada smartphone kita, dan cara tersebut dapat dilakukan oleh orang biasa tanpa datang ke conter. Yaitu hanya melakukan pembersihan baik itu pada sampah smartphoe, aplikasi atau mengubah setingan.

1. Bersihkan cache (sampah) secara rutin

Cara pertama untuk mengatasi memori internal penuh yaitu dengan membersihkan cache pada aplikasi secara teratur. Cache itu sendiri adalah sisa data yang tidak digunakan pada smartphone. 
- Pertama pergi ke bagian "Pengaturan". 
- Kemudian pilih menu "Kelola Aplikasi".
- Setelah masuk, klik semua aplikasi yang sering diakses (misalnya: chrome,facebook,tiktok dll).
- Terus klik menu "Penggunaan Penyimpanan". 
- Dan di dalamnya ada pilihan "clear cache", klik menu tersebut.

2. Ubah lokasi penyimpanan Camera

Pada saat kita menggunakan fitur kamera pada smartphone, maka secara otomatis hasil jepretan kamera akan disimpan pada memori internal. Nah untuk itu kita ubah pengaturannya, menjadi ke memori ekternal agar kapasitas memori internal tidak cepat penuh. Caranya buka aplikasi Camera Anda: 
- Buka menu Pengaturan (biasanya gambar gerigi). 
- Gulir kebawah lalu ubah lokasi penyimpanan dari internal ke kartu SD.

3. Hindari menginstal aplikasi berat dan besar

Bagi Anda yang hanya memiliki memori internal sedikit, usahakan untuk tidak menginstal aplikasi yang besar dan juga berat. Salah satunya yaitu game online, karena jika kita instal aplikasi tersebut maka setiap kali kita update permainan maka akan menambah kapasitas atau besaran game tersebut.

Installah Game yang sesuai dipakai dengan smartphone Anda, agar tidak menyebabkan Lag atau penuhnya memori internal.

4. Bersihkan Secara Teratur Aplikasi Whatsapp

Kita ketahui bahwa hampir semua pengguna smartphone selalu menggunakan aplikasi Whatsapp. Hal yang bisa anda lakukan adalah menghentikan pengunduhan secara otomatis dari media ke whatsapp. Atau anda bisa secara langsung buka file Manager, caranya;
- Buka File manager
- Klik penyimpanan Internal
- Gulir kebawah sampai menemukan Aplikasi "WhatsApp" dan klik
- cari "Media", misal kita klik "Whatsapp Image"
- Disana akan ada foto-foto yang kita kirim dan kita unduh, kalau mamu membuang foto yang kita kirim maka buka folder "Sent" dan buang semua foto-foto yang telah kita kirim.
- Ulang langkah tersebut ke beberapa folder yang ada (ingat jangan folder yang kita delet tapi file yang ada dalam foler tersebut)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar