hu Skip to main content

Cara Jitu Menghemat Baterai Smartphone Android 2021

Cara Jitu Menghemat Baterai

Urangkampoeng.co - Cara Jitu Menghemat Baterai Smartphone Android
. Sekarang ini vendor smartphone terus berinovasi untuk membenamkan baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu diats 5000 MaH. Namun bagi sebagian orang yang sudah terlanjur memiliki batrai yang kecil maka akan sangat terpengaruh sekali untuk menunjang kegiatan.

Dengan Sistem yang dimiliki didalam android, dan kebutuhan kita apalagi bermain internet, hal ini akan menambah semakin habisnya batrai di smartphone kita. Salah satu yang umum digunakan yaitu dengan membeli powerbank sebagai daya cadangan.

Sebetulnya ada cara sederhana untuk menghemat baterai smartphone kita yaitu dengan menyeting beberapa settingan dalam smartphone kita sebagai solusi untuk menghemat baterai bagi pengguna Smartphone Android. Walaupun kadang kita tidak sadar akan hal sepele ini namun sangat berpengaruh besar.

Walau memang ada kemungkinan baterai kita sudah lama penggunaannya sehingga tingkat kemampuannya sudah kecil dalam menampung daya listrik. Ataupun cara kita yang salah dalam mencharger baterai, ini juga bisa menyebabkan buruknya kualitas baterai.

Untuk itu berikut ini cara sederhana bagi kita dalam menghemat baterai smartphone android, diantaranya yang sering menjadi penyebab adalah: 

1. Sinyal

Sinyal menjadi salah satu unsur yang bisa menyebabkan cepat habisnya baterai smartphone kita, yaitu ketika konektifitasnya sedang tidak stabil, dikarenakan ponsel akan mencari jaringan sinyal yang bagus. Hal inilah yang membuat baterai ponsel cepat habis. 

Solusinya misal ketika kita berada pada jaringan yang bukan 4G, maka cukup setting pada jaringan dibawahnya saja. atau kita bisa menggunakan wifi yang tersedia dibeberapa tempat.

2. Atur Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan layar menjadi salah satu solusi untuk menghemat daya baterai pada ponsel android kita. Disarankan untuk mengatur kecerahan ke minimum, karena layar yang terlalu terang akan menguras baterai dengan begitu cepat. 

3. Pakai Aplikasi Secukupnya

Yaitu kita jangan menggunakan terlalu banyak aplikasi aktif, gunakan aplikasi yang dirasa perlu saja dan nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu. karena akan menyebabkan penggunaan RAM yang cukup besar sehingga memerlukan daya yang lebih. 

4. Matikan GPS

Dan solusi yang terakhir yang bisa kita lakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan mematikan GPS. Oleh sebab itu bijaklah dalam menggunakan GPS ketika kita memerlukannya saja. apalagi kalau persentase baterai smartphone android kita sudah di bawah 50 persen.

Cara-cara diatas merupakan bagian dari langkah untuk menghemat baterai smartphone android yang umum digunakan. Namun jika terpaksa kita tidak bisa melakukan beberapa hal tersebut diatas saya sarankan agar membeli Powerbank atau mengganti Smartphone kita dengan daya yang besar.

Hal ini agar aktifitas kita tidak terganggu dengan cepat habisnya baterai smartphone kita, apalagi kita tidak tahu kapan dan dimana batrai smartphone kita akan habis. Yang dikhawatirkan ketika jauh dari tempat yang terdapat aliran listrik maka akan sangat mengganggu kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar