hu Skip to main content

Cara Jitu Meningkatkan Kinerja Smartphone Android Terbaru

Cara Jitu Meningkatkan Kinerja Smartphone

Urangkampoeng.com 
- Salah satu kendala yang mungkin sering kita jumpai pada beberapa smartphone yang masih memiliki RAM kecil adalah ketika membuka beberapa aplikasi akan terasa lemot. Hal ini tentunya akan membuat kita menjadi tidak sabar dan kesal dengan keadan yang dirasakan, apalagi kita sedang dikejar oleh waktu.

Banyak hal yang mempengaruhi kinerja pada smartphone kita misalnya saja penggunaan aplikasi secara bersamaan, sehingga menguras pemakaian RAM. Atau hal lainnya yang kita tidak sadari baik itu masalah pada software dan hardware.

Namun sebelum itu kita mungkin bisa mencoba beberapa hal dibawah ini untuk sedikit meningkatkan kinerja pada Smartphone yang kita punya. 

1. Kurangi jumlah aplikasi yang diinstal

Perlu diketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang kita instal akan menambah kinerja pada smartphone, apalagi beberapa aplikasi berjalan bersamaan sedangkan besaran RAM tidak seimbang dengan kinerja yang berat. Untuk itu pasanglah aplikasi yang memang benar-benar kita butuhkan dan harus tetap ada didalam smartphone kita.

Jangan sampai segala aplikasi yang tidak banyak manfaatnya tetap kita instal yang berakibat pada penurunan kinerja smartphone kita. Bijaklah dalam menggunakan aplikasi lihat seberapa pentingnya aplikasi itu pada kehidupan kita sehari-hari. Misal satu aplikasi hanya digunakan hanya beberapa bulan sekali alangkah baiknya jangan diinstal.


2. Kurangi Pemakaian aplikasi pada baground/latar belakang smartphone

Aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone akan meningkatkan penggunaan RAM, sehingga tidak jarang ponsel Kita akan sedikit melambat. 

hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk mengeceknya yaitu dengan mencoba instal salah satu aplikasi yaitu Greenify untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. 

Setelah itu kita bisa mennaktifkannya untuk beberapa saat agar kinerja smartphone android kita menjadi tidak melambat lagi. 

3. Kosongkan ruang penyimpanan

Cara jitu ketiga yang bisa kita lakukan adalah dengan mengosongkan ruang penyimpanan smartphone Android Kita. Yaitu delet beberapa hal yang tidak penting atau memindahkannya ke penyimpanan eksternal. Misalnya file, foto, musik, video, apk atau jenis file lainnya yang kita rasa tidak diperlukan lagi.

Usahakan ruang penyimpanan kita masih tersisa sekurangnya diatas 10 persen, agar kinerja smartphone menjadi tidak terganggu.

4.  Lakukan SWAP pada SD card

Hal ini digunakan untuk beberapa smartphone yang memiliki RAM kecil, misal hanya 1 GB, untuk itu kita hanya perlu sebuah tool yaitu Mini Tool Partition Wizard.  Yaitu menjadikan SD card kita sebuah RAM cadangan, selain RAM utama yang ada pada smartphone.

Mungkin beberapa cara diatas dapat Meningkatkan Kinerja Smartphone Android kita, hanya saja ada kemungkinan smartphone kita masih buruk kinerjanya, karena sesuatu hal yang tidak kita tahu.

Penggunaan smarytphone yang berlebihan melebihi kekuatan atau kapasitasnya akan sangat berpengaruh besar pada kinerja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar