hu Skip to main content

Kapan Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dimulai? Berikut ini Jadwalnya

Kartu Prakerja Gelombang 22 Dimulai

Urangkampoeng - Setelah sebelumnya Kartu Prakerja Gelombang 21 ditutup dan pada Hari Rabu ( 22/ 9/ 2021) yang lalu jam 20. 00 Wib,telah diumumkan partisipan yang lolos gelombang prakerja yaitu sebanyak 21. 754. 929 orang. Perlu diketahui bahwa jumlah tersebut berasal dari sisa anggaran semester II sebesar Rp 10 triliun serta bonus anggaran sebesar Rp 1, 2 triliun. 

Partisipan yang lolos seleksi kartu prakerja akan memperoleh bantuan Rp3.550.000 secara bertahap selama 4 kali, dengan rincian 2,4 juta insentif untuk kita, 1 juta insentif pelatihan, 150ribu insentif survei dan bisa dicek melalui halaman www.prakerja.go.id.

Sehubungan dengan pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja tahap ke- 21 yang baru saja diumumkan, maka kemungkinan besar, gelombang ke 22 ini tidak akan dibuka dalam waktu dekat ini. 

Salah satu alasannya yaitu PMO Kartu Prakerja masih memantau gelombang 18 sampai 21 partisipan, apakah sudah melakukan pembelian pelatihan atau belum. Asumsinya jika peserta yang telah lolos Prakerja gelombang 18 sampai 21, belum membeli pelatihan sampai batas waktu yang telah ditentukan maka kuotanya akan dialihkan untuk pendaftaran pada gelombang berikutnya.

Partisipasi yang telah dinyatakan lolos bisa dibatalkan bila partisipan belum membeli pelatihan awal mereka dalam waktu 30 hari, sejak pengumuman. 

BACA JUGA : Begini Cara Ikut Pelatihan, Kartu Prakerja Gelombang 21

Pada kesempatan yang lalu, Luisa Tohatu, selaku Kepala Komunikasi PMO, Kartu Prakerja, menyatakan bahwa:

“ Kami terus memantau partisipan yang ditarik dari angkatan 18- 21 sebab tidak membeli pelatihan awal dalam waktu 30 hari sehabis dinyatakan layak selaku partisipan prakerja,”

" Nantinya, keanggotaan yang dibatalkan hendak dikembalikan dalam gelombang berikutnya" katanya.

Mengingat Gelombang 21 baru ditutup, dan penerima kartu prakerja masih diberikan waktu 30 hari untuk dapat membeli pelatihan maka, pada sekitar tanggal 22 Oktober 2021, akan segera ditetapkan apakah akan ada pembukaan gelombang selanjutnya atau tidak.

Siapa yang dapat mendaftar di Kartu Prakerja?

Perlu diketahui bahwa mereka yang memiliki kriteria dibawah inilah yang biasanya akan diterima menjadi peserta Kartu Prakerja. Berikut ini, kriterianya:

  1. Pencari kerja
  2. Pekerja/ pekerja yang diberhentikan
  3. Pekerja/ pekerja yang butuh ditingkatkan efisiensi kerjanya, semacam pekerja/ buruh yang diberhentikan
  4. Pekerja tidak dibayar, tercantum pelakon usaha kecil serta mikro
  5. Kartu pra- kerja pula terbuka buat seluruh lulusan, apakah itu kampus terkemuka ataupun bukan. Sebab yang jadi standar merupakan kenaikan efisiensi serta pengalaman kerja
  6. Penyandang disabilitas pula didorong buat mendaftar serta menjajaki Program Kartu Prakerja
  7. Tetapi, prioritas senantiasa diberikan kepada pencari kerja serta pekerja muda dan pelakon usaha kecil serta mikro yang terdampak Covid- 19.
  8. Oleh sebab itu, Kamu wajib penuhi persyaratan selaku berikut: Masyarakat Negeri Indonesia( WNI)
  9. Berumur minimun 18 tahun
  10. Tidak lagi menjajaki pembelajaran resmi atau tidak sedang sekolah.

Program Kartu Prakerja ini seyogyanya dibuat sebagai upaya membantu masyarakat akibat Covid-19, dimana lebih memprioritaskan pekerja/ buruh yang diberhentikan serta para pelaku usaha kecil /mikro yang terdampak secara signifikan.

Cara membeli Pelatihan Prakerja Gelombang 21

Mengingat penerima Kartu Prakerja gelombang 21 masih diberikan waktu 30 hari untuk dapat melakukan pembelian pelatihan, maka berikut ini cara membeli pelatihan di Dasboard Prakerja Gelombang 21:

1. Buka Dashboard Prakerja dengan alamat login di www.prakerja.go.id.

2. Disana akan ada notifikasi pemberitahuan diterima, selain itu Anda akan mendapatkan SMS dari prakerja di nomor yang telh didaftarkan.

3. Silahkan Tonton 3 video pada kartu prakerja untuk bisa melanjutkan ketahap berikutnya. Ketiga video tersebut berisi data dasar tentang kartu prakerja, mulai dari belajar tentang tantangan di dunia kerja sampai menarangkan khasiat program ini.

4. Setelah itu Anda akan dapat melihat 16 digit nomor kartu prakerja anda.

5. Geser kebawah untuk melihat pelatihan yang sesuai dengan kita

6. Beli pelatihan tersebut dengan jumlah uang yang dapat dibelanjakan yaitu 1 juta rupiah, dan juga tulis 16 digit tersebut pad kolom yang sudah ditentukan..

BACA JUGA : CARA IKUT PELATIHAN PRAKERJA GELOMBANG 21

7. Seteleh membeli pelatihan, cobalah menyelesaikan pelatihan tersebut sampai anda dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat pelatihan.

8. Hubungkan akun pembayaran Anda baik itu melalui Bank BNI, OVO,Gopay,LinkAja, Dana 

9. Kalau menggunakan OVO,Gopay,LinkAja, Dana  silahkan Upgrade ke Pro, agar pembayaran bisa cepat.

10. Jika nominal uang pelatihan masih tersedia, anda dapat menggunakannya untuk membeli pelatihan lainnya. dan ini tidak akan menggangu proses penerimaan insentif anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar