hu Skip to main content

5 Cara Mempromosikan Bisnis Lewat Instagram agar Penjualan Meningkat

Cara promosi di instagram

Urangkampoeng - Sampai saat ini Instagram masih menjadi salah satu media sosial yang banyak mendapat perhatian sebagai salah satu cara dalam mempromosikan bisnis. Agar lebih meyakinkan para konsumen, akun Instagram juga telah memiliki fitur pembuatan akun bisnis.

Akun bisnis pada Instagram dirancang untuk menarik lebih banyak audiens, agar mengikuti akun tersebut dan dapat meningkatkan nilai jual. Hal ini didasarkan karena banyak orang yang menggunakan Instagram, maka aplikasi ini sangat layak menjadi pilihan untuk promosi bisnis online Anda.

Namun ternyata, tidak sembarangan dalam mempromosikan Bisnis lewat Instagram ini, salah-salah bisnis kita malah akan rugi karena konsep yang kita pakai salah. Konsep yang salah akan berakibat pada menurunnya penjualan, kepercayaan konsumen dan mungkin kebangkrutan bisnis Anda.

Cara Memaksimalkan Penjualan Lewat Instagram

Agar bisnis lewat instagram ini bisa maksimal, maka tentunya perlu ada sebuah cara memaksimalkan akun Instagram bisnis Anda. Apalagi disini Anda merupakan pendatang baru dalam bisnis yang menggunakan Instagram sebagai media promosi.

Lantas apa yang semestinya dilakukan, berikut ini cara memaksimalkan akun Instagram untuk bisnis:

1. Repost Foto

Cara pertama adalah dengan merepost foto, dari pengikut atau audiens Anda. Dengan melakukan hal tersebut, sebetulnya tanpa Anda sadari ada dua manfaat yang bisa didapat. 

Pertama, akun bisnis instagram Anda akan dianggap tertarik pada mereka. Kedua, bisnis yang berjalan di akun ini akan kembali dipromosikan oleh publik. 

Cara ini sangat efektif dalam upaya meningkatkan jumlah followers dan engagement sekaligus. Maka cobalah cara ini untuk membantu meningkatkan penjualan produk Anda.

2. Buat video di IGTV

Dengan adanya fitur IGTV di Instagram, kita bisa memanfaatkan untuk membuat video promosi sebaik dan semenarik mungkin melalui fitur tersebut. Apalagi kita tidak akan dibatasi durasi berapapun lamanya video akan tetap bisa Anda upload. 

Oleh karena itu, fitur ini dapat digunakan untuk membuat iklan atau konten tentang produk yang dijual oleh Anda. Buatlah video yang menarik, tidak terlalu panjang, tapi isinya mudah dipahami oleh mereka konsumen Anda.

3. Diskon atau giveaway

Sekarang ini banyak cara untuk dapat menarik followers bisa dengan provokasi berupa konten yang membuat audience terkesan. Misalnya, dengan membuat giveaway atau diskon tertentu pada produk Anda. 

Libatkan peserta untuk mempromosikan akun bisnis Anda, misalkan dengan menyuruh mereka untuk hasTag 5 teman, menshare postingan dan follow akun Anda. 

Cara ini biasanya akan banyak diminati oleh konsumen, apalagi hadiah dan diskon yang diberikan cukup menarik.

4. Instagram Stories

Cara keempat yaitu dengan Instagram Stories, ada banyak jenis fitur yang bisa Anda digunakan untuk membuat konten yang menarik konsumen. Dari testimoni produk, promosi produk baru, diskon, video di balik layar, tutorial, Q&A, hingga pembuatan konten CTA (Call To Action). 

Call To Action ini merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh akun intagram bisnis. Salah satu caranya adalah dengan mencantumkan link ke dalam instagram story Anda yang dilanjutkan untuk swipe up. Cara ini biasanya digunakan untuk meningkatkan traffic pada postingan.

 5. Iklan Instagram

Cara terakhir yaitu memanfaatkan Fitur iklan Instagram sebagai alternatif untuk mempromosikan produk kepada konsumen. Dimana kita bisa memilih Audiens yang ingin Anda jangkau dikategorikan berdasarkan demografi, minat, usia, jenis kelamin, dan perilaku.

Atau sesuai dengan kebutuhan Anda, akan tetapi disini biasanya akan diminta bayaran oleh Instagram. Namun tidak ada salahnya cara promosi instagram ini Anda lakukan, apalagi jika benar-benar dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

Kelima Cara mempromosikan Bisnis lewat instagram diatas adalah upaya kita dalam mendongkrak penjualan, dan memperkenalkan produk kita ke masyarakat agar mereka menyukainya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar