Skip to main content

6 Aplikasi Penghasil Uang Halal yang Terbukti Membayar, Cocok untuk Pelajar

Aplikasi Penghasil Uang Halal Terbukti Membayar - Pada jaman canggih sekarang ini hanya dengan menggunakan Smartphone (HP), siapa pun seka...

Beginilah Syarat dan Cara Cek Penerima BLT Anak Sekolah 2021 di situs cekbansos.kemensos.go.id

Cara Cek Penerima BLT Anak Sekolah 2021

BLT Anak Sekolah 2021 - Setelah sebelumnya pemerintah mengeluarkan BLT untuk disalurkan ke mereka yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, kali ini Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk anak sekolah kembali diberikan yang merupakan bagian dari Kebijakan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2021. 

Bantuan tersebut akan disalurkan dalam empat kali pembayaran melalui empat bank yang telah ditunjuk sebelumnya, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan juga Bank Mandiri.

Adapun syarat dan juga tata cara pengecekan penerima BLT untuk anak sekolah tahun 2021 di halaman https://cekbansos.kemensos.go.id.

Persyaratan penerima manfaat siswa sekolah tahun 2021

Sebelum Anda melakukan verifikasi sebagai penerima BLT untuk Anak Sekolah, pastikan dahulu bahwa siswa tersebut telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)

2. Harus terdaftar di lembaga formal dan informal

3. Terdaftar dalam Data Induk Pendidikan (Dapodik)

4. Keluarga yang belum memiliki KIP tetap bisa mendapatkan BLT. Caranya dengan mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke dinas pendidikan terdekat

5. Bagi siswa yang belum memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan kelurahan agar dapat mendaftar ke Dinas Pendidikan.

Cara mendaftar BLT Anak Sekolah 2021, yaitu dengan cara: 

- Mendaftar di desa/kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK;

- Setelah data mencapai tahap akhir daftar pendahuluan dan ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah, diverifikasi oleh dinas sosial menggunakan alat DTKS lengkap dan melalui kunjungan;

- Data yang telah diverifikasi ini kemudian dicatat dan divalidasi dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh operator desa/kelurahan kemudian dilaporkan kepada wali/walikota;

- Walikota menyampaikan data yang telah disetujui gubernur untuk disampaikan kepada menteri;

- Data penerima PKH selanjutnya dapat dilihat melalui dtks.kemensos.go.id dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

BACA JUGA : Hore, Minggu Ini Insentif Kedua Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Cair

Cara Cek Data Penerima BLT Anak Sekolah 2021

Setelah diterima sebagai penerima BLT Anak Sekolah atau PIP, siswa bisa cek data penerima BLT Anak Sekolah dengan cara:

Cara Cek Penerima BLT Anak Sekolah 2021 di situs cekbansos.kemensos.go.id
KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR!

1. Masuk situs cekbansos.kemensos.go.id

2. Pilih Provinsi

3. Pilih Kabupaten/Kota

4. Pilih Kecamata

5. Pilih Desa/Kelurahan

6. Masukkan nama lengkap sesuai KTP

7. Ketik kode huruf yang tertera

8. Klik Cari Data.

BACA JUGA: Ayo Segera Cek Penerima Bantuan Subsidi Upah Rp 1 Juta untuk Rekening Kolektif

Besaran BLT Anak Sekolah 2021

1. BLT SD/sederajat Rp 900 ribu per tahun

2. BLT SMP/sederajat Rp 1,5 juta per tahun

3. BLT SMA/sederajat Rp 2 juta per tahun

Demikian mengenai Syarat dan Cara Cek Penerima BLT Anak Sekolah 2021 sekaligus besaran uang yang didapat. Dan sekali lagi perlu diingat bahwa hanya situs dengan alamat cekbansos.kemensos.go.id yang merupakan situs asli.

Jangan sampai salah masuk situs yang mengatasnamakan kemensos, karena sekarang ini banyak orang yang ingin memanfaatkan situasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar