Skip to main content

Berikut Cara Mengecek TPM, Syarat Wajib sebelum Instal Windows 11 di Komputer Anda

 Cara Mengecek TPM, Syarat Wajib sebelum Instal Windows 11 di Komputer
Windows 11 secara resmi telah diluncurkan pada 5 Oktober yang lalu, dan sudah dapat di instal pada perangkat yang telah memenuhi syarat minimum perangkat. Syarat ini wajib dimiliki oleh perangkat agar tidak ada kendala dalam proses instalasi maupun ketika setalah instalasi.

Jika kita asal instal ada kemungkinan malah menyebabkan gangguan pada system atau mungkin beberapa aplikasi yang dijalankan mengalami bug. Tentu saja, untuk dapat menikmati sistem operasi terbaru dari Microsoft, ada beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh sebuah mesin sebelum membangun Windows 11. 

Salah satunya syarat wajibnya adalah dukungan Trusted Platform Module (TPM) 2.0, jika berada dibawahnya maka dipastikan tidak memenuhi persyaratan. 

Apa itu Trusted Platform Module (TPM) 2.0

TMP (Trusted Platform Module), yaitu sebuah chip khusus yang dapat berfungsi memberikan perlindungan keamanan tambahan pada hardware sebuah komputer/laptop.

Chip ini dirancang untuk melakukan serangkaian mekanisme perlindungan fisik untuk mencegah dan menghancurkan kunci enkripsi, kredensial pengguna, dan data sensitif lainnya dari serangan atau peretasan malware.

BACA JUGA : Windows 11 Resmi Rilis, Inilah Harga dan Spesifikasi Minimum Windows 11

Untuk diketahui TPM 2.0 merupakan generasi terbaru pada sistem yang menyediakan arsitektur, algoritma, dan dukungan keamanan yang lebih lengkap dari seri sebelumnya. Namun perlu diketahui, versi ini membutuhkan dukungan penuh firmware UEFI agar dapat berfungsi secara maksimal pada sebuah perangkat.

Cara Cek TPM (Trusted Platform Module) 2.0 pada Komputer/Laptop

  • Klik tombol "Windows + R" pada komputer/Leptop Anda
  • Ketik "tpm.msc" pada kolom Open. *Lihat pada gambar diatas
  • Klik Enter di keyboard
  • Tunggu hingga muncul "TPM Management on Local Computer"
  • Silahkan cek status untuk dapat melihat, apakah TPM sudah diaktifkan atau belum pada komputer/laptop Anda.
  • Lihat versinya di bagian Specification Version pada menu TPM Manufacturer Information yang ada dibawah.

Jika Trusted Platform Module (TPM) yang ada pada komputer anda merupakan seri terdahulu dibawah 2.0, maka dimungkinkan perangkat yang Anda miliki belum memenuhi syarat instal Windows 11. Anda harus sabar terlebih dahulu sampai Anda memiliki uang untuk membeli perangkat yang memenuhi persyaratan, atau memang ada trik baru agar komputer apapun bisa instal windows 11 ini.

TPM (Trusted Platform Module) telah diaktifkan terlebih dahulu bagi komputer/laptop yang sudah menggunakan windows 10 pada sistem operasinya. Untuk Anda yang mungkin merakit desktop sendiri, tentu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu pada BIOS, dimana caranya tidak akan sama sesuai dengan merk komputer tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar