hu Skip to main content

Hapus Aplikasi Ini di Ponsel Anda Sekarang! Agar Rekening Bank Anda Tetap Aman

9 aplikasi Android berbahaya

Urangkampoeng - Berdasarkan hasil riset terbaru dari Check Point Research (CPR), bahwasannya mereka kini telah menemukan 9 aplikasi Android berbahaya yang lolos dari Google Play Store awal tahun ini. Dimana menurut keterangan yang diberikan, aplikasi tersebut dapat menguras rekening bank korbannya dan mengambil kendali secara penuh atas telepon Anda.

Kabar baiknya, Google Play Store telah menghapus 9 aplikasi berbahaya tersebut dari platform mereka, untuk melindungi pengguna setia Google.

Aplikasi tersebut aslinya merupakan sebuah Malware yang disebut sebagai AlienBot, dan dikategorikan sebagai Malware-as-a-Service (MaaS) untuk menyerang perangkat Android. Ini memungkinkan peretas dapat memasukkan kode yang sangat berbahaya dari jarak jauh melalui jaringan internet ke dalam aplikasi resmi. 

BACA JUGA : Berikut ini 4 Cara Mudah Download Video di Instagram Tanpa bantuan Aplikasi

Dan yang jelas akan menyebabkan, mereka bisa mendapatkan akses masuk ke nomor rekening korbannya. Dan menurut Check Point Research, dropped yang bernama Cluster82 ini telah berhasil menghindari deteksi keamanan yang dijalankan oleh Google Play Protect. 

Setelah mengambil alih perangkat korbannya, penyerang memiliki kemampuan untuk mengontrol fungsi tertentu dalam ponsel. Seolah-olah mereka ini benar-benar memegang perangkat milik korbannya. Mereka dapat menginstal aplikasi baru pada ponsel korban, dan bahkan mengontrolnya menggunakan TeamViewer," kata Check Point.

Yang membuat Google Play Protect kesulitan dalam menangkal serangan ini adalah penyerang dapat mengubah perilaku asli pada aplikasi yang sudah terinfeksi. Sehingga sulit sekali bagi Google Play untuk dapat menemukan sifat jahat pada aplikasi tersebut.

Penemuan tersebut telah diumumkan oleh Check Point pada 27 Januari dan dua minggu setelahnya, Google kembali mengkonfirmasi bahwasannya semua aplikasi yang dibuat oleh Cluster82 telah dihapus dari Google Play Store.

BACA JUGA : 6 Aplikasi Penghasil Uang Halal yang Terbukti Membayar

Namun demikian, meskipun sebenarnya telah dihapus dari Google Play Store, kemungkinan masih ada pada perangkat ponsel milik Anda. Berikut ini nama-nama aplikasi yang dinyatakan berbahaya bagi ponsel kita:

1. VPN Kue - com.lazycoder.cakevpns

2. VPN Pasifik - com.protectvpn.freeapp

3. eVPN - com.abcd.evpnfree

4. BeatPlayer - com.crrl.beatplayers

5. Pemindai QR / Barcode MAX - com.bezrukd.qrcodebarcode

6. eVPN - com.abcd.evpnfree

7. Pemutar Musik - com.revosleap.samplemusicplayers

8. Tooltipnatorlibrary - com.mistergrizzlys.docscanpro

9. Qrecorder - com.record.callvoicerecorder

Silahkan cek satu persatu Aplikasi berbahaya tersebut dari ponsel Anda, dan jika ditemukan maka harus segera didelet agar data pribadi Anda tetap aman. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar