hu Skip to main content

Hati-hati Jika Terjadi Gejala Bootloop pada Ponsel Anda

cara mengatasi bootloop ponsel

Urangkampoeng - Bootloop merupakan suatu kondisi di mana ponsel gagal melakukan booting, sehingga tidak bisa masuk kedalam system. Situasi seperti ini jika dibiarkan terus menerus akan merusak sistem pada ponsel Anda sendiri. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui alasan mengapa ponsel Anda mati sendiri. Bootloop dapat disebabkan oleh berbagai hal baik internal atau kebiasaan Anda sendiri, tetapi pada dasarnya banyak disebabkan oleh perawatan dan penggunaan ponsel yang tidak tepat. 

Jika Anda mengalami kejadian seperti ini merupakan hal yang wajar, namun jika terus menerus bisa merusak ponsel Anda. Oleh karena itulah, penting sekali bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan yang menyebabkan bootloop pada ponsel, sehingga kerusakan yang terjadi bisa diminimalisir dengan cepat.

Jenis Bootloop pada Ponsel

1. Bootloop ringan

Suatu kondisi dimana secara tiba-tiba ponsel Anda berhenti dan restart secara otomatis. Kerusakan seperti ini masih dalam kondisi ringan. Ponsel yang mengalami bootloop ringan biasanya langsung berkedip, pada layar.

2. Bootloop Sedang

Saat ponsel melakukan booting dan telah masuk kemenu utama, namun ponsel akan mengalami hang dan gangguan lainnya sehingga tidak bisa menyala (hang). Ini juga masih sangat mudah untuk diperbaiki dan tidak jauh berbeda dengan menangani ponsel yang mengalami booting ringan.

3. Bootloop Ekstrim

Kondisi ini biasanya terjadi ketika ponsel dihidupkan, dan hanya menampilkan logo animasi dan tidak bisa masuk ke menu utama, atau bahkan bisa mati dengan sendirinya.

Dengan kejadian diatas, harusnya kita sadar bahwa ada sesuatu yang terjadi pada ponsel kita. Dan sebagai langkah terbaik yaitu menghindarinya, karena kalau sampai bootloop bisa sangat berbahaya. Malahan ada kemungkinan Anda akan kehilangan data dan aplikasi yang tersimpan di ponsel, parahnya lagi akan menyebabkan ponsel rusak secara permanen.

Kejadian tersebut tentunya terjadi bukan tanpa sebab, akan tetapi kita tidak sadar akan hal tersebut. Oleh karena itu ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan ponsel kita mengalami bootloop.

Berikut 5 alasan mengapa ponsel mungkin mengalami bootloop:

1. Salah Saat Flashing

Salah satu yang bisa menjadi penyebab bootloop adalah flashing, dengan asal-asalan. walau sebenarnya cara ini tidak terlalu sulit, namun jika salah melakukannya bisa berakibat fatal pada ponsel Anda sendiri. Tujuan melakukan ini mungkin untuk meningkatkan kinerja ponsel dan meningkatkan kinerja sistem operasi yang digunakan.

2. Overclock

Overclock merupakan suatu metode yang digunakan untuk mempercepat kinerja pada komputer atau laptop. Namun seiring perkembangan ponsel yang semakin canggih, fitur ini sekarang dapat diakses melalui Ponsel. Namun, jika ternyata menyebabkan error atau malahan gagal di-overclock, akan berakibat pada ponsel Anda mati dan hidup dengan sendirinya.

3. Mengubah sistem

Modifikasi sistem yang ada pada ponsel sebetulnya dapat menjadi alasan mengapa smartphone sering mati dan hidup. Melakukan modifikasi sistem berarti perlu melakukan tindakan root pada ponsel. Jika root gagal, maka kinerja sistem tidak akan berjalan dengan baik.

Dan jika ingin melakukan hal ini, maka usahakan lakukan oleh orang yang berpengalaman agar tidak menyebabkan kerusakan pada ponsel Anda sendiri.

4. Pengaturan izin yang salah

Sekarang ini Ponsel Android memiliki banyak informasi pribadi seperti kontak, lokasi, dan foto. Dan semua itu tentunya memerlukan bantuan sebuah aplikasi. Kesalahan mungkin akan terjadi ketika Anda asal memberikan ijin instalasi sebuah aplikasi. 

Jika Anda secara sengaja melakukan izin yang salah pada aplikasi, itu dapat menyebabkan ponsel cerdas mati dan hidup sendiri. Mungkin bisa saja pada aplikasi tersebut telah disusupi oleh sebuah malware yang berbahaya, dimana akhirnya menyerang sistem ponsel. 

Itulah sekilas mengenai jenis dan alasan Ponsel bootloop, sehingga kita sebagai pengguna ponsel mulai sekarang halus lebih hati-hati dalam melakukan tindakan. Agar Ponsel Anda bisa berumur panjang dan tidak mengalami gangguan yang malah akan membuat anda menjadi pusing.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar