hu Skip to main content

Hore, Minggu Ini Insentif Kedua Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Cair

Urangkampoeng - Insentif Kartu Prakerja Gelombang 18 - Kartu Prakerja Gelombang 18 yang telah ditutup pada bulan Agustus kemaren telah memasuki tahap ke-2 pencairan Insentif sebesar Rp. 600.000 rupiah baik melalui rekening Bank BNI maupun E-Wallet seperti Ovo, LinkAja, Gopay, dll. 

Setelah sebelumnya pada awal bulan September, Insentif tahap pertama telah dicairkan pada minggu pertama. Selain itu penerima Kartu Prakerja juga akan mendapatkan survei evaluasi pada bulan Oktober ini.

Pada Dashboard Prakerja Gelombang 18 ini, sejak awal bulan Oktober status jadwal Insentif  bertuliskan "Sedang Diproses" itu artinya sebentar lagi akan cair. Jadi ada kemungkinan minggu pertama dan kedua sebagian besar penerima manfaat Insentif Kedua Kartu Prakerja sudah bisa mengambil uangnya.

Lalu, kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 22 kembali dibuka?

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko Ekonomi) No. 11 Tahun 2020, jika penerima kartu prakerja tidak membeli pelatihan dalam batas waktu yang telah ditentukan, kuota dan pra- bantuan pekerjaan akan dibatalkan. Setelah itu, itu akan dialihkan kepada peserta lain pada gelombang berikutnya.

BACA JUGA : Kapan Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dimulai? Berikut ini Jadwalnya

Setiap peserta yang telah lolos seleksi memiliki tenggat waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama yang disediakan. Jika penerima tidak membeli pelatihan dalam batas waktu tersebut, maka keanggotaan akan dibatalkan dan tidak akan menerima insentif bahkan tidak bisa mengikuti gelombang berikutnya. 

Secara keseluruhan, kini masih ada dua gelombang lagi untuk dapat menghitung secara total jumlah kepesertaan yang dibatalkan pada saat pendaftaran kartu prakerja semester kedua tahun 2021, kata Louisa.

Cara Membuat Akun Prakerja Bagi yang ingin mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 22 

Mulai sekarang ini Anda dapat mempersiapkan diri dengan membuat Akun Prakerja atau sekedar bertanya kepada yang telah lolos Prakerja sebelumnya. 

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs resmi Prakerja, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat akun pra-kerja:

1. Buat Akun Prakerja

  • Buka situs www.prakerja.go.id lalu klik 'Daftar' 
  • Masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru. Daftarkan email Anda (yang masih aktif)
  • Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email tersebut
  • Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke Dasboard situs Prakerja. 

2. Silahkan Lengkapi Data Diri Anda

  • Silahkan Login kembali ke akun Prakerja dengan Email yang didaftarkan beserta pasword yang telah dibuat tadi
  • Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik 'Berikutnya' 
  • Isi data diri Anda, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'Berikutnya' 
  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke ponsel kita. 
  • Setelah itu silahkan ikuti test motivasi dan kemampuan dasar sampai selesai.
  • Tunggu sampai gelombang 22 dimulai dan daftar atau ikuti lalu tunggu pengumumannya!
Satu hal yang perlu Anda ingat setelah mempunyai akun Kartu Prakerja, hendaknya selalu memantau kapan Gelombang 22 akan dibuka, karena biasanya hanya diberi waktu sekitar 3-4 hari pembukaan. Jika lewat tanggal tersebut maka dipastikan kita tidak bisa mengikuti gelombang 22 tersebut. 

Tunggu sekitar semingguan, jika diterima maka akan ada konfirmasi lewat SMS Ucapan selamat kepada kita diterima sebagai peserta Kartu Prakerja Gelombang 22. Atau kita juga bisa melihatnya pada Dasboard kartu prakerja kita, dengan status diterima. 

Adapun ciri-ciri kita akan diterima setelah mendaftar gelombang 22 yaitu pada dasboard Prakerja akan tertulis "Sedang Diproses", bukan lagi "menunggu diproses". 

Cara Membeli Pelatihan Prakerja Gelombang 22 

Ketika Anda sudah diterima menjadi peserta Prakerja Gelombang 22, alangkah baiknya segera membeli pelatihan pertama. Pelatihan dapat dibeli pada beberapa instansi pelatihan yang telah bekerjasama dengan pemerintah.

Pelatihan yang tersedia cukup beragam sesuai dengan minat kita, dari mulai harga ratusan sampai jutaan. Namun khusus untuk Kartu Prakerja ini Anda hanya diberikan insentif pelatihan sebesar Rp. 1.000.000 rupiah saja.

Berikut ini cara membeli pelatihan, di Kartu Prakerja: 

1. Buka dashboard Prakerja dengan alamat login di www.prakerja.go.id.

2. Disana akan ada notifikasi pemberitahuan diterima, selain itu Anda akan mendapatkan SMS dari prakerja di nomor yang telh didaftarkan.

3. Silahkan Tonton 3 video pada kartu prakerja untuk bisa melanjutkan ketahap berikutnya. Ketiga video tersebut berisi data dasar tentang kartu prakerja, mulai dari belajar tentang tantangan di dunia kerja sampai menarangkan khasiat program ini.

4. Setelah itu Anda akan dapat melihat 16 digit nomor kartu prakerja anda.

5. Geser kebawah untuk melihat pelatihan yang sesuai dengan kita

6. Beli pelatihan tersebut dengan jumlah uang yang dapat dibelanjakan yaitu 1 juta rupiah, dan juga tulis 16 digit tersebut pad kolom yang sudah ditentukan..

7. Seteleh membeli pelatihan, cobalah menyelesaikan pelatihan tersebut sampai anda dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat pelatihan.

8. Hubungkan akun pembayaran Anda baik itu melalui Bank BNI, OVO,Gopay,LinkAja, Dana 

9. Kalau menggunakan OVO,Gopay,LinkAja, Dana  silahkan Upgrade ke Pro, agar pembayaran bisa cepat.

10. Jika nominal uang pelatihan masih tersedia, anda dapat menggunakannya untuk membeli pelatihan lainnya. dan ini tidak akan menggangu proses penerimaan insentif anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar