Skip to main content

Inilah Cara Daftar NPWP Online! Cepat dan Singkat Hanya Hitungan Menit Sudah dapat NPWP

 

Inilah Cara Daftar NPWP Online

Daftar NPWP Online - Sekarang ini NPWP banyak digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam pendaftaran, baik itu pembukaan rekening Bank, Pendaftaran Akun Googel Adsense atau untuk keperluan lainnya.

Sehingga bagi mereka yang belum memiliki NPWP maka ini menjadi sebuah kendala, entah itu karena penghasilan dibawah kena pajak, karena alasan pekerjaan yang tidak mengharuskan, dan males mendaftar karena jaraknya jauh.

Kali ini Urangkampoeng, mencoba mendaftar NPWP Online lewat halaman situs https://ereg.pajak.go.id/online, dan tidak butuh waktu lama hanya sekitar 30 menit, saya sudah mendapatkan Nomor Pajak yang saya butuhkan untuk persyaratan Google Adsense.

Sedangkan untuk bentuk fisik dari NPWP saya menunggu pengiriman dari KPP terdekat sesuai dengan domisili yang ada di alamat KTP waktu pendaftaran.

Tata Cara Pendaftaran NPWP Online Tahun 2021

Namun sebelum Anda mendaftar NPWP Online, hendaknya mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan yaitu :

1. Nomor Kartu Keluarga

2. Nomor NIK

Setelah semua persyaratan tadi telah dipersiapkan, maka Anda sudah bisa mendaftar NPWP secara Online, berikut ini tahapan selanjutnya :

1. Buka laman ereg.pajak.go.id. Pilih menu daftar. 

2. Masukkan alamat email yang masih aktif dan buat kata sandi. 

3. Buka Email Masuk, dan ikuti petunjuk yang ada di email masuk dari Ditjen Pajak

4. Setelah proses aktivasi selesai, silakan login kembali ke sistem e-Registration (masukan Email dan kata Sandi)

cara pendaftaran NPWP Online tanpa ribet
Tampilan Dasboard Pajak.Go.Id

5. Setelah masuk ke halaman Registrasi, isi data diri secara lengkap dan benar, hingga tahap ke 10.

6. Setelah semua pengisian diisi, pilih tombol DAFTAR untuk mengirimkan formulir pendaftaran. Kemudian kantor pajak akan memproses pengajuan NPWP kita. 

7.. Setelah isian semua formulir secara lengkap, maka akan muncul status pendaftaran di dashboard situs ereg pajak. 

Tampilan pada Dasboard setelah Dokumen Lengkap

10. Di sana pendaftar harus menekan tombol "Minta Token" untuk mengajukan Permohonan ke KPP terdekat, dan harus mengisi Captcha, lalu klik submit.

11.  Token akan dikirim lewat Email. Buka Email masuk dan copy Token tersebut!

12. Selanjutnya silahkan klik "KIRIM PERMOHONAN" dan copykan Token tadi.

13. Tunggu hingga proses selesai. Dan akan ada Email masuk lagi "Pendaftaran eRegistrasi Pajak Diterima" yang menyatakan pendaftaran Anda sukses dan diterima.

14. Disana akan dilampirkan file tentang nomor NPWP kita dan contoh Kartu Pajak. Dan sudah bisa digunakan untuk keperluan Anda.

Itulah proses pendaftaran NPWP Online dari direktorat Pajak yang Urangkampoeng lakukan hari ini, untuk selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu kartu fisik NPWP di alamat yang telah didaftarkan yang mana biasanya akan dikirim lewat Pos.

Walaupun sekarang ini pemerintah sedang menggodok aturan yang mana Nomor NIK setiap Penduduk akan secara otomatis menjadi wajib pajak Pribadi, namun karena belum disyahkan oleh DPR RI, maka tidak ada salahnya kita melakukan pendaftaran Pajak Online.

Manfaat positif memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Tenyata NPWP tidak sekedar sebuah kewajiban bagi masyarakat Indonesia, akan tetapi ada manfaat yang secara langsung bisa kita rasakan, diantaranya: 

1. Belajar prosedur pendaftaran diri sebagai wajib pajak

Dengan membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Anda dapat terjun langsung ke dunia perpajakan terutama dalam tahapan pembuatan NPWP itu sendiri, dan membuktikan kalau tidak seribet yang didengar dan yang dibayangkan.

2. Pembayaran pajak lebih rendah

Perlu diketahui bahwasannya ketika kita tidak mempunyai NPWP ada kemungkinan pajak yang harus kita bayar 20 % lebih besar dari yang seharusnya kita bayar. Contoh saja Pajak Google Adsense, jika kita tidak segera mengirimkan NPWP kemungkinan akan ada biaya pengurangan Pajak yang besar sekali. 

3. Mudah dalam pengajuan Kredit Bank

Sekarang ini setiap orang baik yang akan menabung atau bahkan mengajukan kredit, pastinya pihak Bank akan menanyakan apakah kita mempunya NPWP atau tidak. Jika kita mempunyai NPWP kemungkinan pengajuan kredit kita akan semakin disetujui karena kita adalah orang yang taat pajak.

4. Mempermudah dalam pengajuan Izin Usaha Perdagangan

Jika Anda sebagai seorang pedagang yang menjalankan usaha dan akan mengurus Ijin Usaha, maka salah satu syarat yaitu NPWP. Jika Anda akan mengajukan SIUP secara Online dan belum memiliki NPWP kemungkinan akan dipersulit karena sebagai syarat administrasi.

Dengan kesadaran kita untuk membayar pajak yang diwajibkan oleh pemerintah, tentunya akan memacu kita untuk terus bekerja dan bekerja. Di sisi lain, upaya sebagai upaya kita dalam membantu pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar