Skip to main content

6 Aplikasi Penghasil Uang Halal yang Terbukti Membayar, Cocok untuk Pelajar

Aplikasi Penghasil Uang Halal Terbukti Membayar - Pada jaman canggih sekarang ini hanya dengan menggunakan Smartphone (HP), siapa pun seka...

Inilah Cara Download Windows 11 Tanpa Perlu Menunggu Update dari Microsoft

Cara Download Windows 11
Cara Download Windows 11   - Diberitakan sebelumnya bahwa pada tanggal 5 Oktober lalu, sistem operasi (OS) Windows 11 sudah dapat diunduh secara gratis bagi pengguna perangkat Windows yang kompatibel. Yaitu mereka yang telah memiliki persyaratan lengkap mengenai spesifikasi minimum perangkat yang bisa menjalankan windows 11 ini. 

Selain pengguna mendapatkan pembaruan secara gratis dan juga legal, Microsoft mengatakan bahwa Windows 11 juga dapat dibeli dan dijalankan untuk PC atau Leptop baru. Notifikasi ketersediaan Windows 11 akan muncul di menu Pembaruan Windows di PC Anda (desktop/laptop) yang telah memenuhi syarat. 

Download Windows 11 tanpa Update

Jika Anda tidak ingin menunggu, dan ingin segera merasakan windows 11 ini, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mendownload update Windows 11 secara gratis. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan buka halaman Download Windows 11 pada website resmi Microsoft. yaitu melalui link berikut ini https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows11 
  • Pada halaman utama akan muncul beberapa pilihan download yang tersedia. 
  • Untuk mengunduh pembaruan Windows 11, silahkan pilih "Asisten Instalasi Windows 11", kemudian klik tombol "Unduh Sekarang". 
  • Selanjutnya gulir ke bawah sampai menemukan "Download Windows 11 Disk Image (ISO)" dan pilih bahasa yang akan digunakan. Ukuran file kurang lebih sekitar 5,1 GB
  • Kemudian, ikuti petunjuk yang diberikan agar proses instalasi berhasil dengan sempurna.
  • Tunggu proses download sampai selesai

Sebelum Anda berencana untuk memasang Windows 11 pada perangkat komputer, mungkin Anda perlu mengecek terlebih dahulu, apakah spesifikasi komputer atau laptop telah memenuhi syarat. Karena jika tidak, kemungkinan besar kita tidak bisa menggunakannya, atau akan terjadi banyak masalah saat sudah di instal.

Spesifikasi Minimum Windows 11

Tentunya untuk bisa menunjang kinerja dan kualitas grafis secara sempurna, kali ini Microsoft telah menerbitkan daftar persyaratan minimum untuk perangkat keras yang bisa menjalankan Windows 11, diantaranya: 
  •  CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz 
  •  RAM: 4 GB 
  •  Storage: 64 GB 
  •  System firmware: UEFI, mendukung Secure Boot 
  •  TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0 . Cek disini!
  •  GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0 
  •  Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel

Cek apakah Komputer atau Laptop bisa menjalankan Windows 11 atau tidak


Jika Anda tidak ingin ribet, ataukah masih ragu dengan spesifikasi pada perangkat komputer milik Anda, cara selanjutnya untuk dapat mengetahui apakah PC/Laptop Anda dapat menjalankan Windows 11 atau tidak, yaitu dengan Windows PC Health Check. 

Aplikasi buatan Microsoft  ini akan memeriksa apakah PC Anda telah memenuhi kriteria persyaratan sistem untuk menjalankan Windows 11 atau tidak. Foto diatas adalah salah satu hasil dari pengecekan yang dilakukan pada laptop milik penulis.


Dimana jika dilihat diatas tertulis "This PC doesn't currently meet windows 11 system requirements" yang artinya bahwa perangkat tidak dapat diinstal windows 11. 

Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasinya bisa ikuti langkah berikut ini:
  • Download "Windows PC Health Check" melalui tautan berikut ini : https://aka.ms/GetPCHealthCheckApp 
  • Kemudian tekan tombol "Instal" untuk melanjutkan ke tahap instalasi aplikasi.
  • Pada pop-up berikutnya, klik ikon persegi lalu pilih tombol Finish untuk segera meluncurkan aplikasi Windows PC Health Check pada dekstop.
  • Setelah itu, jendela aplikasi Windows PC Health Check akan terbuka secara otomatis.
  • Di jendela ini, Anda dapat menekan tombol "Periksa Sekarang/Check now" untuk memulai proses pemeriksaan.
  • Tunggu hingga aplikasi selesai memindai komputer Anda.
  • Setelah semua langkah selesai, aplikasi akan menampilkan hasil scan.
Apabila muncul notifikasi dengan tulisan"This PC Can Run Windows 11", maka perangkat komputer Anda sudah memenuhi syarat dan bisa menjalankan Windows 11, namun sebaliknya apabila "This PC doesn't currently meet windows 11 system requirements" perangkat tidak bisa di instal windows 11.

Jadi jangan paksakan untuk instalasi windows 11 tanpa mengetahui syaratnya, dimungkinkan windows 11 tidak bisa berjalan dengan baik atau sama sekali tidak bisa di instal diperangkat Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar