hu Skip to main content

Inilah Cara Screenshot di Komputer Mudah dan juga Simpel

Cara Screenshot di Komputer

Urangkampoeng
- Bagi Anda pengguna PC ataupun leptop tentunya suatu saat kita ingin mengambil screenshoot dan mengirimkannya pada orang lain. Akan tetapi kita malahan jadi bingung bagaimana cara melakukannya. Atau mungkin Anda mencoba menekan tombol Print Screen (PrtScr) tetapi tidak ada hasilnya, tetap saja tidak berhasil juga.

Ternyata pada komputer itu ada banyak trik yang bisa kita lakukan untuk melakukan sesuatu dengan cepat. Terutama fungsi yang ada pada keyboard komputer itu sendiri yang terdiri dari banyak tombol.

Bagi yang sudah tahu, ada sedikit cara dimana menekan tombol PrtSc dan kemudian dipaste pada aplikasi Paint yang ada dikomputer. Sebetulnya masih banyak kombinasi tombol dan cara lain untuk mengambil screenshot di komputer. 

Nah berikut ini 5 cara mudah dan juga sederhana untuk mengambil screenshot di komputer dengan bantuan keyboard yang bisa Anda coba.

1. Gunakan tombol PrtScr

Metode pertama adalah dengan bantuan tombol PrtScr, dimana dengan metode ini, seluruh layar akan ditangkap dalam satu klik. Caranya adalah dengan menekan tombol PrtScr yang biasanya berada di sisi kanan atas keyboard. 

BACA JUGA : Download Adobe Acrobat Free For Windows 10, serta Fungsinya dalam Komputer Anda

Tangkapan layar tersebut nantinya akan disimpan ke clipboard dan Anda hanya perlu menempelkannya. Untuk bisa melihat hasilnya, silahkan buka aplikasi Paint dan salin tangkapan layar yang baru saja Anda ambil menggunakan tombol Ctrl + V. 

Setelah hasilnya muncul di layar, yang harus Anda lakukan adalah menyimpan gambar dengan mengklik save pada tool Paint tersebut. Atau Anda juga bisa memangkas gambar, mengecilkan gambar dan juga merubah ukurannya disana.

2. Gunakan Alt + PrtScr

Cara kedua yaitu menggunakan metode Alt+PrtScr atau Alt + Fn + PrtScr, untuk mengambil tangkapan layar hanya dari jendela yang sedang aktif. Caranya adalah dengan menekan tombol Alt dan PrtScr secara bersamaan pada layar yang akan anda screenshoot.

Silahkan pastekan hasilnya pada Microsoft Paint seperti langkah yang sudah dijelaskan di atas, dan Anda sudah bisa menggunakan gambar hasil screenshoot tadi.

3. Gunakan tombol Windows + PrtScr

Cara ketiga ini merupakan cara paling efektif dan juga cepat untuk mengambil tangkapan layar pada komputer Anda. Dimana kelebihannya, Anda tidak perlu repot menyalin gambar ke Microsoft Paint dan mengeditnya. 

Cara ini ternyata hanya bisa digunakan pada komputer yang telah di instal Windows 10. Untuk menggunakannya yaitu dengan menekan tombol berlogo Windows (antara tombol Alt dan Ctrl) dan tombol PrtScr secara bersamaan hingga layar Anda berkedip. 

Langkah terakhir untuk melihat hasil screenshot tadi, Anda harus masuk dahulu ke direktori C: Users [username] PicturesScreenshots.

BACA JUGA
inilah Cara Untuk Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk dengan benar

4. Gunakan tombol Windows + Shift + S.

Cara keempat yang bisa Anda lakukan juga masih sama dengan menekan kombinasi tombol Windows + Shift + S, layar komputer akan berwarna abu-abu dan kursor akan berubah menjadi simbol plus. Disini Anda dapat memilih area tertentu pada layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya dengan mengeklik serta menyeretnya.

Untuk melihat hasilnya, Anda hanya perlu mengcopy gambar ke Microsoft Paint dan save sesuai format yang anda inginkan.

5. Gunakan Snipping Tool

Cara terakhir yaitu dengan bantuan Snipping Tool bagian dari Windows, dan aplikasi ini pertama kali diperkenalkan di Windows Vista terdahulu. Aplikasi ini sendiri dapat mengambil tangkapan layar dalam format yang lebih fleksibel.

Cara menggunakannya yaitu Anda hanya cukup membuka aplikasi Snipping Tool. Setelah terbuka silahkan pilih opsi baru atau jika Anda ingin memilih bentuk tertentu, klik panah di sisi kiri.

Setelah itu pilih area layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya, selanjutnya pratinjau tangkapan layar akan ditampilkan dan Anda dapat menyimpannya dengan mengklik ikon floppy disk di sisi kiri atas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar