hu Skip to main content

Inilah Perbedaan Macbook Air, MacBook Pro 13 Inci dan MacBook Pro 16 Inci serta Harga Terbaru 2021

Macbook Air, MacBook Pro 13 Inci dan MacBook Pro 16 Inci
Urangkampoeng - Saat ini perusahaan Apple terus mengembangkan produk terbarunya untuk dipasarkan diseluruh dunia, terutama seri MacBook. Pada peluncurannya, perusahaan ini langsung memperkenalkan dua produknya yaitu MacBook Air dan MacBook Pro

Kedua produknya ini memiliki perbedaan baik dari segi desain, fitur dan juga spesifikasi yang dimilikinya. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya diseluruh dunia, agar bisa menyesuaikan dengan budget dan keperluan.

Memang sudah kita ketahui bersama bahwasannya harga yang diberikan pastilah sangat tinggi, akan tetapi hal ini sesuai dengan apa yang akan dirasakan oleh para penggunanya.

Selain itu Apple juga mengklaim sudah meningkatkan kecepatan dan mengganti mekanisme keyboard model lama pada seri ini, dengan mengembalikan mekanisme gunting. 

MacBook Pro 16 ini dirilis untuk merespons atas keluhan pengguna MacBook sebelumnya yang mengalami beberapa masalah pada mekanisme keyboard butterfly. Mekanisme tersebut dianggap sangat tidak nyaman, mudah rusak, dan juga cukup berisik saat dipakai untuk mengetik.

Perbedaan Macbook Air dan MacBook Pro

1. Berat dan Ukuran

Ketika MacBook Air pertama kali dirilis pada tahun 2008 yang lalu, laptop ini termasuk yang paling ringan dikelasnya. MacBook Pro kini tersedia dalam dua ukuran, 13 inci dan 16 inci, sedangkan MacBook Air hanya tersedia ukuran 13 inci saja. 

MacBook Pro sendiri pada dasarnya memiliki berat yang hampir sama dengan MacBook Air. Dimana untuk berat MacBook Air yaitu 1,29 kilogram, sedangkan MacBook Pro 13 inci memiliki berat 1,4 kilogram dan untuk 16 inci seberat 2 kg.

Berat tersebut masih sangat wajar melihat dari bentuknya yang memang didesain seperti itu.

BACA JUGA : 7 Laptop Gaming Murah Dengan Performa Terbaik 2021

2. Memori dan penyimpanan

Untuk masalah penyimpanan, MacBook Air tersedia dalam 2 pilihan memori yaitu sebesar 8GB dan 16GB, kemudian untuk MacBook Pro 13-inci juga sama 8GB dan 16 GB, sedangkan untuk MacBook Pro 16 inci memiliki tiga pilihan RAM yaitu 16 GB, 32 GB dan 64 GB.

Kapasitas penyimpanan yang diberikan pada MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci terdiri dari drive SSD 256GB, 512GB, 1TB, dan 2TB. Sedangkan pada MacBook Pro 16 inci dilengkapi SSD 512GB, SSD 1TB, 2TB, 4TB, dan 8TB.

Kapasitas yang diberikan memang cukup besar dan pastinya sangat nyaman saat dijalankan apalagi memakai SSD yang sudah teruji ketangguhannya.

3. Audio

Audio yang ada pada MacBook Air yaitu speaker stereo, sedangkan untuk MacBook Pro 13 inci dibenamkan speaker stereo dengan rentang dinamis tinggi dan pada MacBook Pro 16-inci dilengkapi sistem HD enam speaker dengan subwoofer. 

Mengenai mikrofonnya sendiri, MacBook Air memiliki tiga mikrofon dengan pemilih arah sinyal. dan untuk MacBook Pro 13 serta 16 inci dilengkapi rangkaian tiga mikrofon yang berkualitas studio dengan SNR tinggi dan formasi sinyal yang dekoratif.

BACA JUGA : Cara Singkat Melihat Password WiFi di PC dan Laptop

4. Keyboard

Ini yang menjadi bagian penyempurnaan yaitu pada keyboard, untuk MacBook Air terdiri dari 78 (AS) atau 79 (ISO) tombol dengan 12 tombol fungsi dan 4 tombol panah. Sementara itu, untuk kedua MacBook Pro memiliki 65 tombol (AS) atau 66 tombol (ISO) termasuk 4 tombol panah.

Selain itu adanya fitur Touch ID Sensor, yang diadaptasi dari situs web Apple, yang berguna untuk membuka kunci Mac Anda.

Namun, saat ini hanya MacBook pro saja yang memiliki Touch Bar yang dapat memberikan kontrol kontekstual berbeda, tergantung pada aplikasi yang Anda buka.

4. Daya Baterai

Daya yang diberikan pada kedua produk ini memiliki perbedaan tergantung pada penggunaannya. Misalnya saja ketika menggunakannay untuk berinternet pada MacBook Air  ternyata hanya bisa bertahan hingga 15 jam saja, kemudian pada MacBook Pro 13 inci selama 17 jam dan terakhir pada MacBook Pro 16 inci hanya 11 jam saja. Itu hanya uji coba awal, bisa saja ketika pemakaiannya yang sudah sering akan menurunkan daya. 

Sementara itu baterai yang dibenamkan pada kedua jenis produk ini yaitu berjenis baterai lithium-polimer internal. Selanjutnya pada MacBook Air telah menggunakan adaptor daya USB-C 30W, MacBook Pro 13 inci menggunakan adaptor 61W, dan MacBook Pro 16 inci menggunakan adaptor daya 96W.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Mengatasi Notebook yang Lemot? Ikuti Langkah Berikut Ini

5. Harga Macbook Air dan MacBook Pro

Harga kedua produk itu dipasaran memang beragam tergantung pada spesifikasi yang diberikan, misalnya saja untuk MacBook Pro 13 inci dengan spesifikasi rendah dipasaran harganya sekitar kurang lebih 15 juta.

Sementara untuk MacBook Pro 16 inci harganya berkisar sekitar 33 juta rupiah, sedangkan untuk harga MacBook Air dikisaran 13 juta rupiah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar