hu Skip to main content

Ponsel Google Pixel 6 diluncurkan dengan chip khusus 28 Oktober mendatang

harga Google Pixel 6

Google akhirnya meluncurkan smartphone Pixel 6 andalannya dengan tujuan untuk mengalahkan pesaing dalam hal kamera serta kinerja ponsel dengan mengurangi harga jual.

Dipratinjau oleh Google pada bulan Agustus, Pixel 6 dan 6 Pro adalah upaya pembuat Android untuk bersaing dengan Apple dan Samsung di pasar kelas atas setelah hasil yang mengecewakan dengan kelas  menengah sebelumnya.

Kedua ponsel tersebut memiliki desain khas yang terbuat dari aluminium daur ulang dengan bilah kamera besar di bagian belakang yang mengingatkan pada pelindung Geordi La Forge dari Star Trek.

Pixel 6 hadir dalam berbagai warna two-tone.

Pixel 6 memiliki layar OLED datar 6,4 inci 90Hz dan kamera utama 50 megapiksel dan ultra lebar 12MP baru di bagian belakang dan kamera selfie 8MP, yang menurut Google jauh lebih baik dari unit sebelumnya. Harganya £599 di Inggris dan $599 di AS – setidaknya £170 lebih murah dari iPhone 13 dan Samsung Galaxy S21.

Pixel 6 Pro £849 ($899) memiliki layar OLED 6,7 inci 120Hz yang lebih besar dan melengkung, kamera utama 50MP dan ultrawide 12MP yang sama, ditambah kamera telefoto 48MP dengan zoom optik 4x dan kamera selfie ultrawide 11.1MP.

Ponsel baru ini adalah yang pertama memiliki chip Tensor khusus Google, yang dikatakan menjalankan sistem AI untuk semuanya, mulai dari kamera hingga terjemahan, pengenalan suara dan gambar secara signifikan lebih cepat, dengan daya lebih rendah, dan secara pribadi di perangkat.

Pixel 6 Pro memiliki bingkai logam yang dipoles dan skema warna dua nada yang tersedia dalam beberapa variasi.

Fitur AI baru termasuk blur latar belakang dalam bidikan aksi, alat "penghapus ajaib" menghapus objek yang tidak diinginkan dan yang lain mengoreksi wajah yang tidak fokus dalam foto. Google mengatakan telah menghilangkan bias fotografi modern terhadap kulit terang dengan fitur "nada asli" untuk menangkap rona yang lebih dalam dengan lebih baik.

Chip baru ini juga memungkinkan Google untuk menawarkan setidaknya lima tahun dukungan perangkat lunak sejak peluncuran untuk ponsel untuk pertama kalinya – setahun lebih lama dari Samsung dan hanya di belakang Apple dan Fairphone di industri smartphone.

Ben Wood, kepala analis CCS Insight, mengatakan dukungan perangkat lunak yang diperluas adalah langkah yang baik. “Penelitian CCS Insight menunjukkan konsumen sekarang memegang ponsel mereka lebih lama dari sebelumnya, rata-rata setidaknya selama empat tahun, sehingga pembaruan perangkat lunak yang berkelanjutan menjadi lebih penting.”

Tapi dia mengatakan ponsel yang bagus dengan harga yang kompetitif tidak akan cukup: “Google akan menghabiskan banyak uang untuk menggerakkan jarum jika ingin menjadi pemain smartphone utama. Masih banyak konsumen yang bahkan tidak tahu bahwa Google membuat ponsel atau, dalam beberapa kasus, bahwa Android adalah produk Google.”

Pixel 6 dan 6 Pro akan dikirimkan pada 28 Oktober dan akan menjadi beberapa ponsel pertama yang menjalankan Android 12.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar