hu Skip to main content

Saham Pinterest melonjak naik di tengah laporan pengambilalihan $39 miliar sahamnya oleh PayPal

Saham Pinterest melonjak naik di tengah laporan pengambilalihan $39 miliar sahamnya oleh PayPal

Baru-baru ini PayPal dilaporkan sedang menjajaki untuk mengakuisisi perusahaan media sosial Pinterest, menurut laporan dari Bloomberg News.

PayPal, merupakan perusahaan teknologi keuangan yang berbasis di San Jose, California, America Serikat, dimana baru-baru ini sedang mendekati Pinterest membahas kesepakatan potensial yang akan menghargai Pinterest sekitar $39 miliar, menurut Bloomberg. 

Dengan adanya berita tersebut membuat harga saham Pinterest melonjak lebih dari 10% dan menyebabkan perdagangan di layanan berbagi gambar dan media sosial ditangguhkan dua kali. Harga saham PayPal merosot lebih dari 4%. 

Pinterest, yang berbasis di San Francisco, memiliki lebih dari 478 juta pengguna aktif diseluruh dunia. Layanan yang telah berusia 11 tahun ini, mulanya dimulai sebagai perusahaan media sosial, menawarkan pengguna cara untuk menyimpan dan berbagi gambar favorit. 

Tapi sejak saat itu memperluas layanannya ke pencarian visual dan e-commerce. Tahun lalu, Pinterest menandatangani kesepakatan dengan Shopify, platform e-niaga untuk pengecer online, untuk memungkinkan pelanggannya membuat katalog di Pinterest.

PayPal telah diuntungkan dari ledakan belanja online sejak awal pandemi. Contohnya saja pada bulan Februari yang lalu, perusahaan mengatakan keuntungannya meningkat tiga kali lipat pada kuartal keempat, didorong oleh percepatan adopsi pembayaran digital selama pandemi. 

Tahun lalu adalah kinerja tahunan terkuatnya, dengan PayPal memproses rekor pembayaran $936 miliar. Tetapi ledakan pandemi telah sedikit memudar, dan perusahaan menghadapi persaingan yang meningkat di AS dan perusahaan teknologi internasional, termasuk Apple, Facebook, dan WeChat China, yang memperluas layanan teknologi keuangan mereka.

PayPal juga memiliki layanan pembayaran seluler Venmo, dan telah berkembang di sektor "beli-sekarang-bayar-nanti" yang semakin kompetitif dengan penawaran "Bayar dalam 4".

Bulan lalu, PayPal membeli Paidy, yaitu sebuah layanan di Jepang "beli sekarang bayar nanti" seharga $2,7 miliar.

Facebook juga telah menantang Pinterest dengan layanan Instagram-nya, di mana ia semakin mendorong ritel. Instagram memungkinkan pengguna berbelanja melalui pos Instagram biasa dan fitur lainnya, dan musim panas lalu mulai menguji tab "toko" khusus di layar beranda.

Salah satu pendiri Pinterest Evan Sharp, yang juga menjabat sebagai chief design and creative officer, mengundurkan diri awal bulan ini. Sharp bergabung dengan LoveForm kolektif kreatif baru dari guru desain Apple Jony Ive, tetapi akan mempertahankan peran penasihat dengan Pinterest dan terus melayani di dewan direksi perusahaan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar