Skip to main content

Featured Post

6 Aplikasi Penghasil Uang Halal yang Terbukti Membayar, Cocok untuk Pelajar

Aplikasi Penghasil Uang Halal Terbukti Membayar - Pada jaman canggih sekarang ini hanya dengan menggunakan Smartphone (HP), siapa pun seka...

Tips Mudah Jaga Keamanan Data Pribadi, Sebelum Data Penting Anda Bocor dan Disalahgunakan

Tips Mudah Jaga Keamanan Data Pribadi

Baru-baru ini penyedia layanan keamanan seperti yang telah diinformasikan oleh ITSEC Asia yang telah menanggapi tentang adanya dugaan kasus kebocoran data aplikasi eHAC.

Menurut ITSEC Asia, penting bagi semua pemilik dan pengembang aplikasi serta penyedia situs web untuk memiliki standar keamanan data TI yang tinggi untuk menjembatani celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Andrei Hotama Putra, President of PT ITSEC Asia, mengatakan pengguna akun eHAC perlu mengantisipasi potensi penyalahgunaan data pribadi tersebut.. 

“Akibat dari maraknya data pribadi, kita perlu mewaspadai berbagai pelanggaran seperti penipuan melalui berbagai media seperti email, SMS, WhatsApp dan telepon,” kata Andri Hutama mengutip keterangan resmi ITSEC Asia.

Adapun tips Menjaga Keamanan Data Pribadi, sebagai berikut;

1. Bijaksana dalam menerima informasi

Sebagai masyarakat kita perlu berhati-hati dalam menerima setiap informasi yang ada atau masuk ke medsos, tidak mudah untuk mengkonfirmasi informasi yang belum tentu kebenarannya melalui telepon atau pesan masuk.

Informasi yang masuk dan belum tentu keberananya itu, bisa menjadi celah buat mereka yang akan memanfaatkan situasi tersebut. Kalau dalam medsos misalnya, kita jangan asal klik Link yang diberikan oleh orang tapi perlu diteliti agar kita tidak masuk dalam sebuah jebakan.

2. Ubah kata sandi

Dengan mengubah password dan PIN email untuk mengakses data dan aplikasi penting secara berkala, maksimal setiap tiga bulan sekali. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya pengambilan data kita untuk kepentingan yang lain.

3. Gunakan OTP/2FA

Sebagai pengguna layanan internet misalnya, cobalah unuk selalu menggunakan OTP (one-time password) atau 2FA (two-factor authentication) untuk memastikan akses layanan hanya dilakukan oleh pemilik akun. Misal dalam facebook itu adanya autentikasi dua faktor, dimana hanya kita yang bisa masuk dalam aplikasi fb, dan jika orang lain akan diminta kode yang hanya kita yang tahu.

4. Hati-hati saat menggunakan email

Pengguna internet juga disarankan untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan email. Karena sekarang ini banyak email spam yang datang entah itumenawarkan produk atau tentang suatu bisnis.

5. Copot pemasangan/Uninstal Aplikasi berbahaya

Penting untuk mengidentifikasi aplikasi di smartphone atau perangkat pengguna dan menghapusnya jika ada aplikasi yang tidak digunakan. Apalagi aplikasi yang kita instaldahulu diambil dari situs tidak resmi.

6. Mendidik keluarga dan orang-orang terkasih

Penting untuk mengedukasi keluarga, teman atau orang yang Anda cintai tentang pentingnya pelestarian data dan kebijaksanaan dalam berbagi informasi dengan pihak manapun. Sehingga hal ini dapat meminimalisir terjadinya pengambilan data kita oleh orang lain.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar