Skip to main content

Windows 11 Resmi Rilis, Inilah Harga dan Spesifikasi Minimum Windows 11

link download windows 11
Windows 11 Resmi Rilis - Pada awal tahun 2021, Microsoft secara terbuka mengumumkan generasi penerus Windows 10 yaitu Windows 11. Spekulasi seputar "Windows 11" dengan cepat meningkat, terutama setelah Microsoft mengumumkan di sebuah acara pada 24 Juni yang lalu. 

Microsoft juga telah merilis ke publik Windows 11 edisi uji coba yang mana banyak dari para pengguna yang langsung mencoba kualitas dari Windows 11 tersebut. Hal ini kemungkinan dilakukan untuk menguji seberapa tangguh, dan juga apakah masih terdampak beberapa bug yang mengganngu kinerja.

Hingga pada akhirnya Microsoft kembali mengkonfirmasi tanggal rilis secara resmi yaitu pada - 5 Oktober 2021 yang lalu. Pengguna bisa mendownloadnya dalam fitur gratis, dihalaman situs microsoft itu sendiri.

Tidak semua orang bisa menggunakan Windows 11 pada perangkatnya, hanya mereka yang mempunyai kriterialah yang bisa menggunakannya. 

Windows 11 Resmi Rilis bertepatan dengan ketersediaan perangkat Surface baru. Microsoft Surface Pro 8, Surface Laptop Studio, Surface Go 3, dan Surface Pro X (2021) adalah perangkat pertama yang menjalankan Windows 11, meskipun Anda harus menunggu sedikit lebih lama di luar AS.

BACA JUGA : Inilah Cara Download Windows 11 Tanpa Perlu Menunggu Update dari Microsoft

Seperti apa tampilan Windows 11?

Tidak ingin hal terdahulu terulang kembali yaitu ketika peluncuran windows 8, yang akhirnya banyak disesalkan penggunanya, kini Microsoft telah mempertahankan desain dasar yang sama, meskipun dengan desain ulang besar-besaran.

Ada panel widget baru yang dapat menampilkan seperti cuaca, saham, berita, dan hal-hal lain - tampaknya untuk menggantikan menu Start lama. 

tampilan halaman depan yang lebih simpel dan juga lengkap memungkinkan penggunanya lebih fokus pada apa yang sedang dia gunakan.

Windows 11 pada tablet telah banyak ditingkatkan dengan input gerakan dan keyboard di layar baru seperti yang ada di ponsel Anda. Anda juga dapat menginstal dan menggunakan aplikasi Android, melalui Amazon Appstore, tetapi ini tidak tersedia saat peluncurannya saat ini.

Berapa Harga Resmi Windows 11?

Ini tentu saja salah satu pertanyaan terbesar, tetapi kabar baiknya adalah bahwa sekarang ini akan tetap gratis untuk PC yang memenuhi syarat. Namun, Microsoft telah memperbarui persyaratan perangkat keras, sehingga tidak semua perangkat yang diinstal Windows 10 yang langsung dapat menjalankan Windows 11.

Setelah aktif dan digunakan pada, laptop dan PC, baru akan menjalankan sistem operasi di luar ketentuan, dimana seperti biasa konsumen diharapkan membeli licensinya. Kisaran harga windows 11 ini kemungkina tidak akan jauh berbeda saat peluncuran windows 10 yang lalu, berikut ini perkiraan harga Windows 11:

Windows 10 Home - £119,99 / $139

Windows 10 Pro - £219,99 / $199,99

BACA JUGA : Berikut Cara Mengecek TPM, Syarat Wajib sebelum Instal Windows 11 di Komputer Anda

Jika melihat harga Windows 10 tersebut, dengan melihat keadaan ekonomi secara global, akan sangat mungkin jika Microsoft sedikit menaikan harga untuk windows 11 kali ini.

Spesifikasi Minimum Windows 11?

Untuk menunjang kinerja dan kualitas grafis kali ini Microsoft telah menerbitkan daftar persyaratan minimum untuk perangkat keras yang bisa menjalankan Windows 11, diantaranya:

  1. CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz 
  2. RAM: 4 GB 
  3. Storage: 64 GB 
  4. System firmware: UEFI, mendukung Secure Boot 
  5. TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0 
  6. GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0 
  7. Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel

Jika Anda merasa tidak yakin apakah perangkat Anda kompatibel? Microsoft telah merilis versi terbaru dari sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu Anda melakukan deteksi apakah komputer anda bisa diinstal windows 11 atau tidak. 

Anda bisa mendownloadnya pada bagian bawah yang ada di halaman beranda Windows 11, dengan kapasitas file yang lumayan besar yaitu 5,1 GB untuk sistem operasi CPU 64 bit.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar