hu Skip to main content

6 Aplikasi Simulasi Trading Online Terbaik dan Gratis 2021 (UPDATE)

Aplikasi Simulasi Trading Online Terbaik dan Gratis

Saham adalah bukti kepemilikan nilai perusahaan atau bukti penyertaan modal. Pemegang saham juga berhak atas dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Dengan memiliki saham, individu dan badan dapat mengklaim kepemilikan di perusahaan publik. Artinya sebanyak apapun saham yang dimiliki, pemegang saham berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Keuntungan dan Risiko Trading

Membeli saham perusahaan di pasar modal merupakan investasi yang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan sarana investasi lainnya, seperti obligasi, deposito berjangka, deposito berjangka atau emas. 

Namun, karena risiko yang lebih tinggi, berinvestasi di saham juga dapat memberikan pengembalian atau keuntungan yang tinggi, baik dari dividen maupun kenaikan harga saham. Risiko kerugian yang paling umum dalam berinvestasi di saham adalah harga saham lebih rendah daripada saat pembelian.

Kerugian investasi saham akan semakin besar jika harga saham turun dengan tajam. Naik turunnya harga saham dipengaruhi oleh beberapa faktor. Harga saham tidak hanya bergantung pada kinerja perusahaan, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh psikologi pasar.

Daftar Pilihan Simulasi Trading Online Terbaik

Aplikasi trading Online ini tidak menggunakan uang asli, Anda bisa menggunakan rangkaian simulasi saham online untuk trading sebagai sarana pembelajaran. 

Tidak hanya untuk pemula, simulasi tersebut bisa digunakan siapa saja untuk belajar menentukan kapan sell dan buy. Nah berikut ini ada beberapa aplikasi simulasi trading online terbaik dan juga gratis;

1. Stockbit

Ketika datang ke rekomendasi simulator stok online, Stockbit tidak mungkin dilewatkan. Menurut Bisnis, data dalam simulasi Stockbit sesuai dengan yang terjadi di bursa Indonesia.

Mengapa simulasi ini cocok untuk pemula dan investor yang sudah masuk bursa? Ada komunitas yang bisa Anda gunakan untuk mengobrol dan berbagi informasi seputar investasi saham.

Kelebihan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi ini di smartphone atau mengakses situsnya. Sangat mudah bukan?

Simulasi Trading Stockbit disini

2. Virtual Stock Exchange

Simulator trading online yang bisa Anda pilih adalah Virtual Stock Exchange. Digunakan oleh pengguna dari berbagai negara, situs ini gratis!

Keunggulannya antara lain sebagai pusat pendidikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang saham dan trik tradingnya. Untuk itu website ini juga banyak digunakan oleh sekolah dan perguruan tinggi dalam proses belajar mengajar.

3. MarketWatch Virtual Stock Exchange

Aplikasi ini merupakan bagian dari perusahaan media bursa MarketWatch. Inilah sebabnya mengapa nama situsnya mirip.

Salah satu kelebihan situs ini adalah menyesuaikan jual beli game untuk pengguna. Anda juga dapat mengubah tampilan berbagai emiten yang ingin Anda pantau untuk transaksi harian.

Lihat aplikasi MarketWatch disini 

4. Investopedia Stock Simulator

Investopedia sudah terkenal di dunia investasi karena ulasannya di lapangan. Ini tidak salah, Anda bisa memilih situs stock simulator untuk dipelajari.

Melalui aplikasi tersebut, Anda akan mendapatkan uang virtual senilai 10 ribu dolar AS. Anda dapat bermain saham secara gratis, Anda dapat bergabung dengan komunitas lebih dari 700 ribu pengguna dari seluruh dunia.

Oh iya, saham-saham yang diperdagangkan di simulator kebanyakan dari New York Stock Exchange, American Stock Exchange, dan lain-lain.

Lihat Investopedia  disini

5. StockTrak

Meskipun biasanya digunakan untuk pelajar atau mahasiswa, menurut situs resminya, Anda juga dapat menggunakan StockTrak sebagai situs simulator stok gratis.

Situs ini juga menawarkan analisis portofolio saham, tampilan grafik hasil perdagangan, dan banyak lagi. Informasi yang diberikan selalu up to date.

Lihat Aplikasi  StockTrak disini

6. Wall Street Survivor

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin bermain simulator saham gratis dan mendapatkan hadiah nyata. Situs stock simulator ini rutin mengadakan kontes bulanan dan memiliki hadiah berupa uang tunai, buku digital, dan lainnya.

Anda juga memiliki kebebasan untuk membuat kontes sendiri dan mengundang teman-teman Anda untuk "bermain" bersama.

Lihat Wall Street Survivor disini

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar