hu Skip to main content

Inilah Alat Yang Dapat Mengubah Sinyal Analog ke Digital

Alat Yang Dapat Mengubah Sinyal Analog ke Digital

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sangat serius untuk memindahkan TV analog ke digital atau analog shutdown (ASO) di Indonesia. Hal ini tidak lain untuk memberikan siaran yang jernih agar masyarakat bisa menonton tayangan dengan nyaman.

Salah satu Alat yang dapat mengubah sinyal TV analog menjadi digital adalah DAC. Alat untuk mengubah data digital menjadi sinyal analog adalah DAC yang merupakan singkatan dari Digital to Analog Converter.

Konverter digital ke analog ini sering disebut DAC (digital to analog converter) dan banyak ditemukan pada rangkaian dan perangkat elektronik. 

Sekarang ini ada alat yang dapat mengubah sinyal TV Analog ke Digital yaitu STB yang merupakan singkatan dari Set Top Box. Cukup menambahkan alat untuk menangkap siaran digital yang disebut dekoder.

Set-top box digital (STB) adalah perangkat yang dapat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan pada perangkat TV analog biasa. 

Artinya, masyarakat yang tidak segera bermigrasi ke TV digital atau memasang dekoder DVBT2 (STB), tidak akan dapat menikmati siaran di TV.

Keuntungan dari TV digital

Manfaat yang diperoleh setelah masyarakat menikmati siaran TV digital adalah peningkatan kualitas baik itu audio dan visual, serta tingkat kebersihan gambar dan kejernihan suara yang dikalikan dengan hadirnya teknologi digital.

Tahap pertama, siaran TV analog akan dihentikan selambat-lambatnya pada 17 Agustus 2021, dengan proses transisi sudah dimulai. Siaran TV analog akan dihentikan seluruhnya paling lambat tanggal 2 November 2022, memang waktu yang masih lama akan tetapi sepertinya khusus untuk pulau jawa harus segera berganti ke TV Digital.

Harga STB Digital

Agar masyarakat bisa menikmati layanan TV Digital, masyarakat tidak perlu membeli TV baru untuk bisa menikmati siaran TV digital.

Semua model TV lawas, seperti model tabung, masih dapat digunakan untuk menonton siaran TV digital, hanya saja harus dilengkapi dengan Set Top Box (STB) yang mampu menangkap sinyal DVB-T2.

Berdasarkan penelusuran harga STB Digital pada bulan November ini, pada situs jual beli online, harga set-top box STB atau DVB-T2 berada di kisaran Rp. 200.000.

Daftar STB Gratis dari Pemerintah

Adapun persyaratan untuk mendapatkan STB Gratis yang telah ditetapkan oleh pemerintah:

1. Warga negara Indonesia dengan KTP elektronik

2. Rumah tangga miskin yang memiliki pesawat televisi, tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau data badan daerah di bidang sosial

3. Posisi awal dalam liputan TV siaran yang akan terpengaruh oleh ASO

Data keluarga miskin tersebut diperoleh Kominfo dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial yang telah divalidasi. kemudian setelah data penerima valid, pemerintah akan mendistribusikan STB secara bertahap kepada msyarakat.

Download Aplikasi Cek Bansos Untuk Daftar Set Top Box Gratis

Untuk mendaftar menjadi penerima STB Gratis dari pemerintah, masyarakat bisa mendaftar melalui Aplikasi Cek Bansos di bawah ini, kemudian ikuti langkah-langkahnya dan kemudian tunggu informasi selanjutnya baik melalui SMS atau informasi dari kementrian sosial lewat pemerintah Desa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar