hu Skip to main content

Inilah Cara Daftar Online Set Top Box (STB) Gratis dari Pemerintah

Cara Daftar Online Set Top Box (STB) Gratis

Wacana peralihan dari TV analog menjadi TV digital, terus dikumandangkan oleh Pemerintah dalam hal ini Kominfo. Namun rencananya sebelum beralih dari TV analog ke digital di Indonesia, pemerintah berencana memberikan set-top box (STB) gratis kepada masyarakat. 

STB merupakan decoder yang dibutuhkan agar pemilik TV analog dapat menikmati siaran TV digital. Berkenaan dengan distribusi STB gratis untuk umum, ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mendapatkan STB gratis dari pemerintah. 

Syarat untuk mendapatkan set top box TV digital gratis

- WNI dengan KTP Elektronik

- Rumah tangga miskin yang memiliki televisi, tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau data perangkat daerah bidang sosial

- Lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang akan mendirikan ASO

Cara Daftar Online Set Top Box (STB) Gratis Lewat Aplikasi Cek Bansos 2021

Bantuan STB ini akan disalurkan melalui kantor pos, yaitu mereka yang telah terdata dalam DTKS baik itu PKH,BST dan BNPT. Jika Anda belum terdaftar sebagai KPM di website DTKS, Anda bisa mendaftar secara mandiri melalui website, sebagai berikut.

1. Download Aplikasi Cek Bansos dari Playstore Klik Disini
2. Siapkan NIK KTP
3. Pilih Daftar Bantuan untuk mendaftarkan diri Anda yang sudah terdaftar di DTKS untuk PKH, BST dan BPNT
4. Pilih penawaran
5. Sistem akan menanyakan nama, NIK, KK, status kepatuhan Dukcapil dan data fit pemohon proposal DTKS Kementerian Sosial
6. Kemudian pilih jenis bansos dari Kemensos, PKH, BST, atau BPNT.

Jika sudah mendaftar, silahkan tunggu konfirmasi dari pemerintah lewat kementrian sosial, untuk menunggu nama kita terdaftar menjadi salah satu penerima Set Top Box (STB) Gratis dari Pemerintah tahun 2022 mendatang.

Cara mendapatkan dekoder digital gratis:

1. Didistribusikan oleh PT Pos

Karena masih dalam tahap verifikasi, jadi sekarang ini kantor pos belum bisa menyalurkannya, dan nantinya kerjasama dengan swasta tidak perlu antri karena sudah ada databasenya. 
Nanti kerjasama dengan PT Pos (STB) akan disalurkan sebagai bansos.

2. Ada ajakan untuk menerima STB

Akan diberikan himbauan untuk menerima STB ini, bisa door to door atau bisa ditempatkan di kelurahan, RW atau RT sekaligus akan ada penawaran untuk memasang STB. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar