hu Skip to main content

Inilah Daftar Bansos yang Turun di Bulan Desember, Ayo Cek Lewat HP (UPDATE)

Daftar Bansos yang Turun di Bulan November ini

Sekarang ini Pemerintah kembali memberikan sejumlah bantuan sosial selama November 2021 bagi masyarakat miskin untuk menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Bantuan sosial apa yang akan disalurkan pada November 2021 di antaranya PKH, BSU, BPUM, Stimulus PLN, dan bantuan Kuota Internet.

Program Keluarga Harapan, memang menjadi program penanggulangan kemiskinan yang telah lama dijalankan Pemerintah. Sekarang ini masyarakat bisa mengecek PKH 2021 lewat HP dengan mengakses situs kementrian sosial.

Bantuan tersebut berasal dari bantuan sosial reguler yang menjadi tanggung jawab Kementerian Sosial (Kemensos) yang ditujukan untuk keluarga kurang mampu.

BACA JUGA : Kabar Gembira, PKH November Cair, Begini Cara Cek PKH 2021 lewat HP

Daftar Bansos yang Turun di Bulan Desember

1. Stimulus PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN bulan november ini kembali memberikan sejumlah insentif kepada pelanggan berupa pemotongan tagihan listrik, terutama untuk rumah tangga dan usaha kecil menengah.

Rinciannya sesuai informasi yang diberikan PLN, bahwa untuk 450 watt akan mendapatkan subsidi 50 %, sedangkan untuk yang 950 watt mendapatkan potongan 25 %. 

Insentif tersebut bisa dicek langsung lewat HP di website resmi PLN. Pelanggan nantinya dapat mengisi informasi pelanggan seperti nomor meteran, nama, tarif listrik dan daya listrik yang digunakan.

Cek di alamat inistimulus.pln.co.id

2. Bantuan Kuota Internet

Kabar baik selanjutnya datang dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang kembali memberikan kuota internet gratis bagi pelajar, mahasiswa, dan dosen di seluruh Indonesia. 

Program ini diluncurkan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi yang tak kunjung usai ini.

Informasi lebih lengkap mengenai program ini dapat diakses di laman quadikti.kemdikbud.go.id. Kuota internet akan dibagikan sebanyak 3 kali selama 4 bulan dari bulan September hingga Desember 2021.

Untuk mengecek dan memverifikasi nomor ponsel Anda, silahkan akses halaman yang disediakan kementrian, di alamat: vervalponsel.data.kemdikbud.go.id.

Itulah dua bantuan sosial yang cair november 2021 ini, dengan harapan bisa membantu kondisi masyarakat yang terdampak vandemi covid19.

 Pada November 2021, ada beberapa program bantuan sosial pemerintah yang akan segera dicairkan. Detail di sini:

3. Kartu Sembako

Salah satu bantuan sosial yang akan disalurkan bulan Desember nanti adalah Kartu Sembako. Komunitas penerima manfaat akan mendapatkan Rp. 200.000  per bulan.

Untuk mendaftar sebagai penerima Kartu Sembako, masyarakat harus mendaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Kementerian Sosial (Kemensos) atau dinas sosial setempat atau juga bisa mengajukan lewat aplikasi Cek Bansos.

BACA JUGA: Catat! Ini Syarat jika ingin dapat Bantuan Pelunasan Pinjol dari Baznas

4. Program Keluarga Harapan (PKH)

Pada tahun 2021 ini, Melalui Program PKH, pemerintah menyasar beberapa golongan masyarakat miskin. Adapun rincian peneriman manfaat PKH diantaranya;

Keluarga dengan ibu hamil/anak kecil akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta per tahun. Sementara itu, keluarga dengan anak sekolah dasar menerima Rp 900.000 per tahun, anak sekolah menengah menerima Rp 1,5 juta per tahun, dan anak sekolah menengah menerima Rp 2 juta per tahun.

Namun apabila dalam satu keluarga terdapat penyandang disabilitas/lansia, maka bantuan sosial/bantuan sosial PKH yang berhak mereka dapatkan adalah sebesar 2,4 juta rupiah.

Jika sebuah keluarga memiliki dua anak di sekolah dasar, bantuan sosial/bantuan sosial yang diberikan oleh PKH menjadi dua kali lipat, yaitu Rp 900.000 ditambah Rp 900.000 per tahun. 

Ini berarti bahwa keluarga mendapat uang tunai 1,8 juta rupiah per tahun.

5. Bantuan Subsisi Upah (BSU)

Bantuan sosial yang masih cair hingga bulan Desember nanti adalah BSU, dimana bantuan ini akan diberikan kepada mereka yang bulan sebelumnya tidak mendapatkan bantuan tersebut. 

Pemerintah memberikan BSU sebesar Rp 1 juta kepada pekerja dengan maksimal Rp 3,5 juta.

Salah satu kriteria penerima BSU dalah memiliki nomor rekening aktif yang terdaftar atau terdaftar di data BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2021.

Pemerintah juga memutuskan untuk memperluas penerima subsidi upah/gaji (BSU) sebesar Rp 1 juta menjadi 1,6 juta penerima pada akhir tahun ini.

BACA JUGA: Inilah Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Secara Gratis dari Pemerintah

6. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Bantuan Biaya Kuliah Perorangan (UKT) sebesar Rp 2,4 juta untuk diarahkan langsung ke rekening Universitas. Bantuan UKT sebesar Rp 2,4 juta dapat diperoleh dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan jika pimpinan universitas mendaftarkan siswa yang memenuhi syarat sesuai dengan persyaratan Pusat.

Jika biaya kuliah lebih besar dari Rp2,4 juta, selisih UKT maksimal Rp2,4 juta menjadi kebijakan universitas tergantung status mahasiswa. 

Bantuan UKT menargetkan 310.508 siswa dengan total anggaran sebesar Rp 745,2 miliar.

Itulah sekilas mengenai Bantuan Sosial yang kemungkinan besar akan turun di bulan Desember tahun ini. Anda juga sekiranya merasa berhak mendapatkan bantuan dari Pemerinntah, bisa mengajukan secara mandiri lewat Aplikasi Cek Bansos, yang bisa Anda Download Disini

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar