Inilah yang termasuk Sistem Operasi dalam Komputer hu Skip to main content

Inilah yang termasuk Sistem Operasi dalam Komputer

Inilah yang termasuk Sistem Operasi dalam Komputer

Apa itu sistem Operasi? dan apa yang termasuk kedalam sistem operasi? Perlu diketahui bahwa Sistem Operasi adalah program yang bertindak sebagai antarmuka dan pengontrol untuk semua sumber daya pada komputer.

Yang termasuk sistem operasi dalam komputer diantaranya seperti windows, DOS, linux, dan juga MacOS. Walaupun pada kenyataannya sekarang ini ada beberapa jenis sistem operasi lain yang bisa digunakan.

Pada dasarnya, semua komputer, laptop, dan smartphone membutuhkan sebuah sistem operasi untuk digunakan pemiliknya.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Setelah sebelumnya ada bahasan mengenai yang termasuk sistem operasi, sekarang ini kita akan bahas bahwa setidaknya ada empat fungsi utama sistem operasi dalam menjalankan kebutuhan setiap resource proses yang ada.

Fungsi tersebut, sangat mendukung terhadap kinerja dari sebuah sistem operasi, inilah penjelasan singkatnya:

1. Memory Management

Manajemen memori terbagi atas dua bagian, yaitu primary memory dan main memory. Memori utama/promary memory adalah kebutuhan penyimpanan prioritas seperti halnya RAM, kemudian untuk main memory adalah tempat penyimpanan yang dapat langsung diakses secara langsung oleh CPU.

2. Manajemen perangkat/Device Management

Sistem operasi juga memiliki fungsi untuk mengatur komunikasi antar perangkat melalui masing-masing driver, dimana dalam hal ini sebuah program yang berperan untuk menangani ini adalah I/O controller.

3. Manajemen File

Fungsi ketiga, adalah sebagai manajemen file, yang biasanya ditempatkan di direktori pencarian untuk kemudahan penggunaan.

4. Manajemen prosesor

Fungsi terakhir dari sistem operasi adalah  mendukung beberapa operasi pemrograman untuk menentukan pada tahap apa prosesor digunakan dalam periode waktu tertentu, didalam sebuah komputer tersebut.

Yang Termasuk Sistem Operasi Komputer

Berikut ini ada setidaknya empat kategori yang termasuk kedalam sistem operasi komputer, dimana masing-maisng sistem tersebut memiliki perbedaan yang mencolok.

Karena tentunya pembuatannya juga, oleh beberapa perusahaan yang berbeda makanya menjadi tidak hanya satu, dan kesemuanya itu memiliki kelunggulan dan kelemahan masing-masing.

1. Sistem operasi DOS

yang termasuk Sistem Operasi
DOS adalah pendahulu dari sistem operasi yang sekarang ini dimiliki oleh Microsoft  sebuah perusahaan Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington. 

DOS yang juga merupakan singkatan dari Disk Operating System adalah asal muasal metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM pada saat ini.

2. Sistem operasi Windows

yang termasuk Sistem Operasi
Windows adalah jenis sistem operasi terbesar di dunia yang saat ini banyak digunakan atau dipakai untuk mendukung kinerja dari komputer, dan laptop diseluruh dunia. Windows kini menjadi sistem operasi terbaik yang mengungguli Linux dan sistem operasi lain yang ada pada saat ini.

Windows menjadi sebuah sistem operasi favorit masyarakat Dunia, karena selain mudah digunakan juga tampilannya tidak beigutu rumit.

3. Sistem operasi Linux

yang termasuk Sistem Operasi

Linux pertama kali diperkenalkan oleh Linus Torvalds sejak tahun 1991 yang lalu dimana OS ini bersifat sebagai open source, yaitu dimana pengguna dapat dengan bebas memodifikasi dan mendistribusikan ulang tanpa memerlukan lisensi.

Sebagian besar pengguna OS Linux juga melek teknologi, sehingga pengembangan Linux sangat cepat dibandingkan dengan OS Windows atau Mac OS yang banyak digunakan sehari-hari.

4.  Sistem operasi macOS

yang termasuk Sistem Operasi

Mac OS /Macintosh adalah sebuah sistem operasi yang hanya tersedia di komputer besutan perusahaan Apple saja.

Pengguna sistem operasi ini relatif lebih sedikit dibandingkan pengguna Windows, Pasalnya, produk Apple dari dulu hingga sekarang tergolong perangkat yang mahal.

Selain karena perangkatnya mahal, OS ini hanya boleh dijalankan pada perangkat Appel.

Fungsi sistem operasi pada Komputer

Ada setidaknya sekitar empat fungsi utama dari sebuah sistem operasi yang dijalankan pada sebuah komputer, berikut ini kelima fungsi tersebut:

1. Sebagai server harus dapat mengontrol fasilitas sumber daya jaringan agar dapat digunakan bersama-sama. Seperti contohnya ketika memelihara sumber daya dan direktori jaringan, mengelola permintaan akses jarak jauh untuk sistem file dan database.

2. Untuk melayani permintaan klien untuk akses ke aplikasi dan sumber daya jaringan. 

3. Sebagai sarana komunikasi yang melayani pertukaran pesan pada jaringan.

4. Untuk mengontrol sumber daya komputer lokal, termasuk fungsi proses dan alokasi memori, operasi perencanaan dan penjadwalan, manajemen prosesor di mesin multiprosesor, kontrol periferal, dan fungsi lainnya.

Itulah sekilas pembahasan mengenai apa yang termasuk sistem operasi dalam komputer, semoga saja bisa sedikit memberikan pencerahan dan wawasan awal dalam dunia teknologi khususnya komputer.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar