hu Skip to main content

Beginilah Cara Membuka Situs yang Diblokir tanpa Aplikasi

begini-4-cara-membuka-situs-yang-diblokir

UrangKampoeng
- Sekarang ini pemerintah makin gencar melakukan pemblokiran bahkan penghapusan situs-situs yang melanggar UU yang ada di Indonesia. Website yang diblokir oleh pemerintah biasanya di karenakan mengandung suatu konten yang tidak layak untuk diakses oleh penggunanya. 

Selain itu, beberapa akses Internet di tempat-tempat umum seperti kantor dan sekolah juga memblokir situs-situs yang sudah dapat diakses menggunakan jaringan pribadi.

Semakin banyak situs yang diblokir, justru hal ini berdampak pada pencarian penyelesaian terhadap masalah ini. Cara-cara yang biasanya dilakukan yaitu dengan membuat suatus aplikasi yang bisa membuka blokir situs tertentu, namun ada juga yang hanya menggunakan cara sederhana tetapi masih bisa membuka situs tersebut.

 Berikut ini Cara Membuka Situs yang diblokir tanpa Aplikasi;

1. Gunakan VPN untuk Membuka Blokir Situs yang Diblokir

Penggunaan VPN mungkin merupakan cara terbaik untuk dapat membuka blokir situs web, terutama jika Anda perlu mengakses konten yang dibatasi.

Keguaan dari VPN ini adalah sebuah alat yang dapat mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan memungkinkan Anda mengubah alamat IP sehingga tidak ada yang bisa melihat lokasi Anda yang sebenarnya. Perlu diketahui melalu cara ini, ISP sekalipun sama sekali tidak akan dapat melacak saat Anda membuka blokir situs web yang dibatasi.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Penghasil Uang Halal yang Terbukti Membayar

2. Buka blokir situs web dengan proxy terbuka

Sama halnya seperti VPN, server proxy juga menyembunyikan alamat IP asli Anda dari situs web, serta alamat IP situs web dari pemerintah, atau tempat kerja. Namun, proxy sendiri memiliki kekurangan, dimana beberapa penyedia proxy dapat memantau aktivitas online atau bahkan kebocoran IP kita sendiri.

3. Gunakan alamat IP alih-alih URL

Pada kenyataannya Situs yang diblokir sering berupa Uniform Resource Locator (URL) dan bukan alamat IP. Jika demikian, maka Anda dapat membuka situs yang diblokir tersebut dengan menggunakan alamat IP-nya.

Alamat IP adalah merupakan serangkaian angka, yang biasanya dibatasi dengan titik seperti 162.000.000.34. Untuk dapat mengakses situs menggunakan metode ini, anda cukup temukan alamat IP dan salin ke browser Anda. Untuk dapat menemukan alamat IP situs yang akan anda buka, berikut ini cara yang bisa anda lakukan:

Pada sistem operasi Windows, cara yang bisa anda gunakan yaitu dengan cara berikut ini: 

- Ketik "cmd" di menu pencarian komputer
- Buka program bernama Command Prompt
- Ketik kata "ping" dan nama situs web yang ingin Anda buka blokirnya (mis. reddit.com)
- Tekan Enter. Kemudian Anda akan dapat melihat alamat IP dari situs telah anda buka tadi.

4. Gunakan Google Terjemahan

Mungkin Anda akan bertanya kenapa menggunakan google terjemahan? Apakah bisa? jawabannya "BISA" namun tidak selalu. Dalam metode ini tidak selalu berhasil, tetapi memberikan alternatif sederhana untuk menggunakan situs proxy atau browser seluler.

Pertama silahkan buka https://translate.google.com/ di browser Anda. Kemudian pastekan alamat situs web yang ingin Anda buka blokirnya. Namun, perlu Anda diketahui bahwa kualitas konten yang bisa anda buka melalui cara ini agak sedikit kurang enak dilihat tampilannya.  

Disini Google Translate hanya berguna untuk membuka blokir situs yaitu untuk mengambil informasi, misalnya artikel atau thread forum.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar