hu Skip to main content

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

UrangKampoeng - WhatsApp baru saja merilis sebuah fitur baru yaitu transfer chat dari iOS ke Android. Hal ini akan berguna bagi anda yang memiliki dua buah smartphoen yang berbeda sistem operasi. Seperti namanya, fitur yang baru ini memungkinkan bagi pengguna untuk bisa mentransfer riwayat obrolan lama dari iPhone ke Android tanpa takut kehilangan data obrolan anda.

WhatsApp sendiri telah mengatakan bahwa fitur ini dapat digunakan untuk mentransfer data seperti informasi akun, foto profil, obrolan individu, obrolan grup, riwayat obrolan, media (foto, video, pesan suara), dan pengaturan. Hanya saja untuk saat ini pengguna belum bisa untuk mentransfer riwayat panggilan atau melihat kontak pribadi.

WhatsApp juga telah merilis bagaimana caranya untuk mentransfer data WhatsApp dari iPhone ke Android karena prosesnya sangat teknis. Namun tentunya ada hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mentransfer chat dari iPhone ke Android, hal ini agar prosesnya berlangsung tanpa kendala yang malah akan menyebabkan sebagian data atau seluruh data Anda hilang.

BACA JUGA: 3 Cara Menyadap WhatsApp Pasangan Terbukti Ampuh

Kali ini yang akan dicontohkan yaitu tranfer antara Samsung dengan iPhone. Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Androi, yaitu :

- Aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 atau yang lebih baru.

- iPhone lama harus menjalankan WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau lebih baru.

- Aplikasi WhatsApp Android versi 2.21.16.20 atau lebih baru.

- Kabel USB-C ke Lightning (dapat terhubung ke adaptor yang setara).

- Perangkat baru harus memiliki nomor telepon yang sama dengan perangkat lama.

- Perangkat Android harus dikembalikan ke pengaturan pabrik (reset pabrik).

Setelah hal-hal diatas tersedia, maka pada saat Anda mentransfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android, perlu memperhatikan langkah-langkahnya berikut ini, seperti yang telah dikutip dari blog WhatsApp.

Cara transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

- Nyalakan ponsel Samsung Anda dan sambungkan ke iPhone Anda menggunakan kabel USB-C ke Lightning saat diminta.

- Kemudian Buka aplikasi Samsung Smart Switch dan ikuti petunjuk yang ada di layar.

- Saat diminta, pindai kode QR yang ditampilkan pada layar ponsel Samsung Anda menggunakan kamera iPhone.

- Tekan Mulai di iPhone dan tunggu proses transfer hingga selesai.

- Buka WhatsApp pada ponsel Samsung dan masuk dengan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan di ponsel lama Anda.

- Tekan Impor saat diminta dan tunggu prosesnya hingga selesai.

- Selesaikan proses aktivasi perangkat baru dan Anda dapat melihat obrolan yang ditransfer di ponsel Samsung Anda. Akun WhatsApp di iPhone Anda akan dihentikan secara otomatis dan Anda akan dapat menggunakan WhatsApp di ponsel Android baru.

BACA JUGA: Ingat! Ini Tanda-tanda WhatsApp Anda Disadap Orang Lain 

Nah, setelah data chat berhasil ditransfer ke ponsel baru yaitu Samsung, maka sebenarnya data di ponsel lama akan tetap tersimpan sampai Anda menghapusnya baik itu secara manual atau menghapus aplikasi WhatsApp di ponsel lama yaitu iPhone.

WhatsApp sendiri telah memastikan bahwa mereka tidak akan dapat melihat data pengguna yang ditransfer karena data dikirim secara lokal menggunakan kabel, bukan dikirim langsung ke server WhatsApp.

Jadi silahkan ikuti langkah diatas dengan baik agar anda dapat menggunakan aplikasi WhatsApp pada Smartphoen yang berbasis Android baik itu Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo atau perangkat jenis lainnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar